Usai Diamankan dari Warga, 2 Siamang Ini Dipulangkan ke Hutan Belantara

TrubusNews
Syahroni
27 Sep 2018   23:00 WIB

Komentar
Usai Diamankan dari Warga, 2 Siamang Ini Dipulangkan ke Hutan Belantara

Pelepasliaran siamang. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dua ekor siamang yang sudah cukup lama hidup berdampingan dengan manusia sebagai hewan peliharaan, akhirnya bisa kembali ke hutan tempat tinggalnya. Kedua satwa dilindungi itu dilepas di kawasan hutan Taman Buru Semidang Bukit Kabuh, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Seluma, Darwis Saragih mengatakan, kedua satwa itu merupakan hasil sitaan Polres Seluma dari masyarakat sekitar. Selain kedua siamang tadi, petugas kepolisian juga menyita 3 ekor burung langka yang saat ini masih diamankan di Mapolres Seluma sebagai barang bukti. 

Baca Lainnya : Cegah Kepunahan, 433 Ekor Tuntong Laut Dilepasliarkan di Laut Selat Malaka

"Ada lima ekor satwa langka yang disita Polres Seluma dari masyarakat setempat, dua ekor di antaranya siamang. Sedangkan tiga ekor lagi jenis burung," ujar Darwis, Kamis (27/9).

Ia mengatakan, khusus untuk perkara kepemilikan siamang sudah memiliki kekuatan hukum tetap atau inkracht, sehingga satwa ini bisa dikembalikan polisi ke BKSDA Bengkulu. Sementara kasus kepemilikan tiga ekor burung yang diusut Polres Seluma, status hukumnya belum inkracht.

Darwis sendiri berharap, dua ekor Siamang yang dilepas di hutan taman butu Semindang Bukit Kabuh, Seluma tersebut dapat segera menyesuaikan diri dengan habitatnya agar tidak kesulitan memperoleh makanan.

Baca Lainnya : 2 Bulan Dirawat, BBKSDA Riau Lepas Liarkan Beruang Korban Jerat Babi

Ia mengatakan, satwa ini sebelumnya sudah cukup lama dipelihara masyarakat. Selama itu, kata Darwis satwa langka ini diberikan makanan berupa buah-buahan seperti pisang. Karenanya ia berharap nantinya kedua siamang ini bisa memakan buah apa saja yang ia temukan di hutan. 

"Kita berharap dua ekor Siamang yang dilepas di hutan taman buru Semidang Bukit Kabuh dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya dengan cepat, sehingga tidak bermasalah dalam mempertahankan hidupnya," ujarnya.

Ia menambahkan, nantinya ketiga ekor burung langka yang saat ini masih diamankan di Polres Seluma juga akan dilepasliarkan bila perkaranya sudah tuntas. Hal ini dilakukan agar populasi berbagai jenis burung langka yang ada di dalam kawasan hutan Seluma tetap terjaga dengan baik. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

KKP Hentikan Sementara SPWP Ekspor Benih Bening Lobster

Peristiwa   26 Nov 2020 - 17:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan: