Kebakaran yang Menghanguskan Lereng Gunung Merbabu Diduga Disengaja

TrubusNews
Syahroni
27 Sep 2018   20:15 WIB

Komentar
Kebakaran yang Menghanguskan Lereng Gunung Merbabu Diduga Disengaja

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Musim kemarau menyebabkan kawasan hutan kering sehingga rawan terbakar. Pun demikian, kondisi ini banyak dimanfaatkan orang tak bertanggungjawab untuk membuka lahan baru dengan cara membakarnya.

Hal yang sama pun diduga terjadi di lereng Gunung Merbabu. Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM) di wilayah Dusun Nglelo, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah terbakar, Kamis (27/9) pagi. Diduga, ada orang yang sengaja membakarnya untuk membuka lahan pertanian.

Baca Lainnya : Kebakaran 20 Ha Hutan Gunung Argopuro Ancam Satwa Dilindungi

Komandan Koramil 03 Getasan, Kapten Inf Hermanus menjelaskan, titik api pertama kali diketahui sekitar pukul 08.30 WIB. Tim gabungan yang terdiri dari Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Koramil 03 Getasan, Polsek Getasan, relawan Pinoes, relawan SERI dan masyarakat langsung menuju lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman. 

"Saat itu, saya bersama Kapolsek Getasan, petugas Balai Taman Nasional Gunung Merbabu sedang patroli. Di tengah perjalanan, kami melihat ada kepulan asap di lereng Gunung Merbabu. Kami langsung menuju lokasi untuk melakukan pemadaman dan syukur api bisa cepat dipadamkan. Luas hutan yang terbakar kurang lebih satu hektare," kata Kapten Inf Hermanus.

Baca Lainnya : Cerita Relawan saat Memadamkan Kebakaran Hutan Gunung Ciremai

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan diduga kebakaran disebabkan oleh ulah manusia. Dugaan sementara ada orang yang sengaja membakar hutan untuk membuka lahan.

"Namun siapa orang yang membakar hutan kami belum tahu. Untuk memastikan kebenaran dugaan tersebut, masih diselidiki," ucapnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: