Air Kali Bekasi Sudah Tidak Bisa Diolah, 51 Ribu Pelanggan PDAM Kena Dampaknya

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
27 Sep 2018   19:45

Komentar
Air Kali Bekasi Sudah Tidak Bisa Diolah, 51 Ribu Pelanggan PDAM Kena Dampaknya

Pencemaran di Kali Bekasi semakin parah hingga tidak bisa diolah menjadi air bersih. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sejak Kamis (27/9) pagi, puluhan rumah di Kecamatan Bekasi dan Medan Satria, tidak mendapatkan pasokan air bersih. Kondisi ini terjadi bukan tanpa sebab. Yah, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Patriot Kota Bekasi dan Tirta Bhagasasi rupanya sengaja menghentikan suplai air bersih ke pelanggannya lantaran mereka menghentikan produksinya.

Juru bicara PDAM Tirta Patriot, Uci Indrawijaya menjelaskan, produksi dihentikan lantaran air di kali Bekasi yang menjadi air baku untuk perusahaan itu sudah sulit diolah menjadi air bersih.

Baca Lainnya : 'Pasukan Katak' Incar Pabrik Nakal yang Buang Limbah Langsung ke Kali Bekasi

Uci merinci, akibat kondisi ini, 31 ribu pelanggan PDAM Tirta Patriot distop suplai air bersihnya. Selain itu, 20 ribu pelanggan PDAM Tirta Bhagasasi yang jaga terdampak karena sama-sama menggunakan air kali Bekasi yang tercemar parah. 

Uci memaparkan, air di Kali Bekasi memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi, jauh melebihi baku mutu 4-7, serta kandungan logamnya. 

"Produksi lagi menunggu kondisi Kali Bekasi normal," ujar Uci.

Baca Lainnya : Misteri Saluran Siluman yang Bikin Kali Bekasi Tercemar Limbah

Uci mengatakan, sejauh ini perusahaannya masih mengandalkan air baku dari Kali Bekasi. Sebab, suplai dari Kalimalang tidak cukup sampai ke kolam PDAM Tirta Patriot dan Tirta Bhagasasi.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Kustantinah pun mengakui kalau saat ini kondisi Kali Bekasi semakin parah. Ia mengatakan, kondisi air Kali Bekasi sudah sangat tercemar hingga ikan sapu-sapu yang terkenal kuat hidup dalam kondisi air kotor, bisa sampai mati.

"Sudah tidak bagus ya parameternya tidak menemui baku mutu, banyak ikan sapu-sapu mati," ucap Kustantinah. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: