13 Kecamatan di Kabupaten Serang Kekeringan, 3 Titik jadi Perhatian Serius

TrubusNews
Syahroni
25 Sep 2018   19:45 WIB

Komentar
13 Kecamatan di Kabupaten Serang Kekeringan, 3 Titik jadi Perhatian Serius

Jhony, Koordinator Operasi Pusdalop BPBD Kabupaten Serang, menunjukkan data wilayah yang mengalami kekeringan. (Foto : Trubus.id/ Herlin Saputra)

Trubus.id -- Sepanjang musim kemarau tahun ini, beberapa wilayah di Kabupaten Serang, Provinsi Banten mengalami kekeringan. Menurut data yang dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, ada sekitar 13 Kecamatan di wilayahnya yang mengalami kekeringan.

"Dari Bulan Juli sampai saat ini yang sudah kami tangani dan diberikan bantuan ada 10 Kecamatan. Sedangkan yang 3 Kecamatan masih dilakukan assesment atau validasi terkait bantuan air bersih," kata Jhony, Koordinator Operasi Pusat Kedaruratan Operasional (Pusdalop) BPBD Kabupaten Serang saat ditemui Trubus.id di ruang kerjanya, Selasa (25/9).

Baca Lainnya : Kekeringan di Serang, 19 Titik Wilayah Butuh Air Bersih

Assesment atau validasi lebih dahulu dilakukan di tiga Kecamatan tersebut, kata Jhony, untuk mengetahui di desa mana aja yang lebih membutuhkan air bersih.

"Kan ditiap kecamatan itu ada desa. Nah sebetulnya kita sudah tangani semuanya. Tapi kami lebih mendahulukan yang paling parah warga yang membutuhkan air bersih tersebut," ujarnya lagi.

Saat ini, masih kata Jhony, ada tiga kecamatan titik terparah kekeringan, yakni Kecamatan Pontang, Tirtayasa dan Tanara.

Baca Lainnya : Kekeringan Ekstrem, 7.133 Warga Serang Kekurangan Air Bersih

"Tiga wilayah ini kan di daerah pesisir, jangankan musim kemarau yang lumayan panjang, tidak hujan dalam waktu satu bulan saja kering wilayah ini, airnya juga payau, jadi kita harus jadikan titik khusus," jelasnya.

Ia menjelaskan, di titik khusus ini penyaluran bantuan air bersih dilakukan rutin hampir setiap 5 hari sekali. Jhony menambahkan, selama musim kemarau juga pihaknya sudah menghabiskan 660.000 liter air untuk diberikan kepada warga yang membutuhkan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: