BNPB Sudah Antisipasi Kemungkinan Bencana Akibat Peralihan Musim di Indonesia

TrubusNews
Astri Sofyanti
25 Sep 2018   18:00 WIB

Komentar
BNPB Sudah Antisipasi Kemungkinan Bencana Akibat Peralihan Musim di Indonesia

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kemungkinan terjadi bencana yang diakibatkan peralihan musim kemarau ke musim hujan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengklaim bahwa institusinya telah siap.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala BNPB, Willem Rampangilei mengatakan, pihaknya telah mempelajari dari pengalaman sebelumnya ketika memasuki peralihan musim kemarau ke musim hujan agar kemungkinan bencana bisa diminimalisir sedini mungkin.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) yang wilayahnya rawan banjir dan longsor saat musim hujan tiba,” ucapnya di Jakarta, Selasa (25/9).

Baca Lainnya : BNPB Bantah Water Bombing di Gunung Sumbing Dibatalkan Karena Masalah Ketinggian

Koordinasi ini dikatakan Willem dimulai dengan melakukan mitigasi serta sosialisasi kepada masyarakat terkait tindakan utama yang perlu dilakukan jika terjadi bencana.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan BPBD di seluruh provinsi. Seluruh BPBD sudah siap baik, mulai dari personelnya hingga peralatan yang dibutuhkan bila terjadi bencana saat peralihan musim nanti,” lanjut Willem.

Terkait deteksi adanya kemungkinan bencana seperti longsor di sejumlah wilayah di Indonesia, personel BPBD selalu siap siaga. Selain itu, BPBD diseluruh provinsi juga akan mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat.

“Semua titik-titik longsor sekarang memiliki alat pendeteksi,” paparnya lagi.

Baca Lainnya : BNPB: Korban Meninggal Gempa Lombok Capai 555 Jiwa

Meskipun di sejumlah wilayah yang rawan longsor sudah memiliki alat pendeteksi, pihaknya tak menampik bahwa alat pergerakan tanah yang terpasang belum cukup untuk mendeteksi datangnya bencana.

Untuk itu, pihaknya mengatakan, September hingga Oktober 2018 mendatang merupakan akhir musim kemarau, agar BNPB serta BPBD dapat fokus dan terus melakukan pemantauan.

Willem menegaskan, saat musim kemarau berlangsung, BNPB sudah melakukan beberapa upaya penanganan kekeringan serta kebakaran hutan dan lahan (karhutla). [NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Jokowi: Sekarang Semua yang Keluar Rumah Harus Pakai Masker

Peristiwa   06 April 2020 - 17:02 WIB
Bagikan: