BMKG Riau Kembali Temukan 12 Titik Panas Rawan Karhutla

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
25 Sep 2018   15:45

Komentar
BMKG Riau Kembali Temukan 12 Titik Panas Rawan Karhutla

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ M Syukur)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pakanbaru, Selasa (25/9) pagi kembali mendeteksi 12 titik panas rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Menurut pantauan BMKG Stasiun Pekanbaru, 12 titik panas ini mengindikasi awal karhula di wilayah tersebut.

Berdasarkan data BMKG Stasiun Pekanbaru yang terakhir diperbarui, Selasa (25/9) pukul 07.00 WIB, Riau masih mendominasi jumlah titik panas di Pulau Sumatera sejak awal minggu lalu.

Baca Lainnya : Riau Dominasi Sebaran Titik Panas di Sumatera

BMKG mencatat, total ada 23 titik panas yang terdeteksi di Pulau Sumatera, sedangkan 12 titik di antaranya berada di Riau. Sedangkan tiga titik berada di Lampung, Sumatera Selatan lima titik, Bangka Belitung dua titik, dan Bengkulu satu titik.

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno mengungkapkan, kondisi ini naik berdasarkan pengamatan, Senin (24/9) sore yang terdeteksi hanya 11 titik. Lima titik panas rawan karhutla berada di Kabupaten Pelalawawan, Riau.

Disusul oleh Siak dan Kepulauan Meranti masing-masing tiga titik dan Indragiri Hulu ada satu titik. Selain itu, ada dua titik yang memiliki tingkat keakuratan (level of confidence) di atas 70 persen, sehingga dipastikan adalah titik api yang rawan terbakar.

Baca Lainnya : Alami Hari Tanpa Hujan Cukup Panjang, 2 Kabupaten di Riau Rawan Karhutla

"Dua titik berada di Pelalawan dan Kepulauan Meranti," ucap Sukino di Pekanbaru, Riau, Selasa (25/9).

Sebelumnya, Stasiun Klimatologi juga menyatakan sejumlah area di Kabupaten Pelalawan punya risiko tinggi terjadi kebakaran hutan dan lahan, karena hari tanpa hujan lebih dari seminggu. Sementara itu, Kota Pekanbaru pada sore hari nanti cerah berawan. Meski begitu sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan turun hujan di wilayah tersebut. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: