37 Persen Sampah Laut di Indonesia Didominasi Plastik

TrubusNews
Astri Sofyanti
25 Sep 2018   16:00 WIB

Komentar
37 Persen Sampah Laut di Indonesia Didominasi Plastik

Sampah plastik di laut (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Direktur Jenderal (Dirjen) Pengendalian Pencemaran Pesisir dan Kelautan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), MR Karliansyah mengungkapkan bahwa dari 1,2 juta ton sampah yang berada di laut Indonesia, 37 persen diantaranya adalah sampah plastik yang sulit diurai.

“Kita juga tahu kan, kalau sampah plastik yang ada di laut menjadi masalah dunia, bahkan keadaan semakin diperparah karena sampah plastik sudah masuk ke rantai makanan satwa di laut. Banyak hewan laut yang dibedah ternyata memakan plastik,” ujar Karliansyah kepada wartawan di Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (25/9).

Temuan ini berdasarkan hasil survei KLHK pada Oktober 2017 lalu yang dilakukan di 18 kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki wiayah perairan.

Baca Lainnya : Pemerintah Targetkan, 2025 Sampah Laut Berkurang 70 Persen, Akankah Tercapai?

Sampah-sampah yang ada di laut, dikatakan Karliansyah terbagi menjadi dua, yaitu sekitar 50 sampai 70 persen berasal dari daratan dan sisanya berasal laut itu sendiri. Pihaknya menjelaskan, sampah-sampah yang berada di laut beberapa diantaranya dibuang dari kapal-kapal.

Ia juga menegaskan, bahwa sampai saat ini KHL masih terus melakukan evaluasi agar target pemerintah ada 2025 Indonesia bebas dari sampah plastik benar-benar terwujud.

Baca Lainnya : Tangani Sampah Laut, Indonesia dan Bank Dunia Jalin Kerja Sama

Selain itu, pihaknya juga berharap, upaya melakukan bersih-bersih pantai terus digalakkan masyarakat. Karliansyah ingin kegiatan pungut sampah di area pantai menjadi agenda rutin demi mengurangi volume sampah yang ada di laut.

“Kita juga harus terus membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya laut bagi kehidupan manusia,” tutupnya. [NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Raih Penghargaan Badan Publik Informatif Tahun 2019

Peristiwa   22 Nov 2019 - 23:47 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: