Buwas: Tanggung Jawab Bulog Mengurus Beras Impor yang Sudah Datang

TrubusNews
Astri Sofyanti
24 Sep 2018   19:15 WIB

Komentar
Buwas: Tanggung Jawab Bulog Mengurus Beras Impor yang Sudah Datang

Beras impor di gudang Bulog. (Foto : Trubus.id/ Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) kembali memastikan bahwa hingga pertengahan 2019 mendatang pasokan beras nasional masih dalam kondisi aman. Karena itu ia menekankan, langkah impor beras sebenarnya tidak perlu dilakukan.

Hal ini kembali diungkapkan Buwas saat menghadiri perayaan Hari Tani Nasional dalam.diskusi Ketahanan Pangan Nasional 2019. Namun saat ditanya awak media terkait kondisi impor beras yang menurutnya tak perlu dilakukan sampai Juni 2019 mendatang, Buwas meminta untuk menanyakan hal tersebut kepada para ahli. Ia menjelaskan, Bulog dalam hal ini hanyalah sebagai pihak pelaksana.

Baca Lainnya : Gara-gara Impor Beras, Presiden Jokowi Panggil Buwas dan Enggar

"Tapi kan saya berikan masukan kalau kondisinya seperti ini loh, bisa dilihat di pelabuhan misalnya di Tanjung Priok, sisa yang 500 ribu ton, itu hari ini dan kemarin-kemarin sudah berdatangan," ujar Buwas di kantor Kadin, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, (24/9).

Meski begitu, Buwas tak menampik jika di lapangan memang ada kendala terkait masalah pengangkutan dan penyimpanan beras impor tersebut. Meski begitu, sebagai pihak pelaksana, Bulog memiliki tanggung jawab mengurus beras impor yang telah mengisi gudang-gudang Bulog ini.

Baca Lainnya : Buwas: Bulog dan Kemendag Harus Bersinergi Jaga Pasokan Beras

"Itu jadi masalah juga karena tidak bisa angkut secara serempak karena tempat sulit, transportasi sulit. Tapi begitu kapal bersandar dan barang datang itu kami tanggung jawab," lanjut Buwas.

Sementara itu, terkait target serapan beras lokal 2019 mendatang, Buwas menjelaskan, Bulog akan berusaha menyerap sebanyak mungkin produksi beras dalam negeri untuk cadangan beras pemerintah. [RN]

 

 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: