4 Helikopter Padamkan 5 Ha Karhutla di Barito Kuala

TrubusNews
Karmin Winarta
23 Sep 2018   09:00 WIB

Komentar
4 Helikopter Padamkan 5 Ha Karhutla di Barito Kuala

Karhutla, ilustrasi (Foto : Istimewa)

Beberapa waktu lalu, lahan gambut di 3 kecamatan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, terbakar. Kini giliran lahan seluas 5 hektare di Kalimantan Selatan terbakar. Untuk memadamkan api, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan mengerahkan empat helikopter di sekitar Jejangkit Kabupaten Barito Kuala.

Kepala BPBD Kalimantan Selatan Wahyuddin Noor mengatakan saat ini dua helikopter telah berupaya memadamkan api.

"Ada dua titik lahan yang terbakar cukup besar, sehingga harus `di-boombing` oleh dua helikopter, kalau tidak cukup keempat helikopter yang tersedia akan kita kerahkan," katanya Sabtu (22/9).

Baca Lainnya: Kawasan Langganan Karhutla di Pontianak, Kebakaran Lagi

Untuk mempercepat pemadaman, tim BPBD juga menyiapkan mesin dan selang untuk menyemprotkan air ke lahan yang terbakar. Namun, karena keterbatasan mesin dan fasilitas, pemadaman tidak bisa berjalan optimal.

Hal itu ditambah kondisi yang terik dan angin cukup kencang, sehingga api cepat menyebar. Sehingga para petugas pemadam harus berlomba dengan embusan angin. Hal lain yang menghambat pemadaman adalah jumlah air di lokasi kebakaran yang minim. 

Baca Lainnya: Gawat, Kebakaran Hutan di Nagan Raya Aceh Terus Meluas

Kepala Satpol PP dan Damkar Kalsel Syamsir Rahman mengatakan saat ini api diupayakan tidak meluas ke lokasi tanaman padi yang dipersiapkan untuk penyelenggaraan peringatan Hari Pangan Sedunia.

Dia memperkirakan penyebab kebakaran karena kondisi udara yang cukup panas sehingga terjadi gesekan ilalang. Kemungkinana lainnya, ada oknum warga yang membuang puntung rokok sembarangan. [KW]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: