Satgas Kemendes Investigasi Penyalahgunaan Dana Desa di Sumut

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
22 Sep 2018   21:00

Komentar
Satgas Kemendes Investigasi Penyalahgunaan Dana Desa di Sumut

Ilustrasi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sejak Rabu (19/9), Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) berada di Kabupaten Langkat untuk memastikan dana desa yang diberikan pemerintah bisa terserap optimal. Sebelumnya, masyarakat melaporkan indikasi penyalahgunaan dana desa.

"Tidak semua pengaduan mengandung unsur kebenaran. Maka dari itu, harus dilakukan penelusuran secara mendalam di lapangan," ujar Ketua Tim Satgas Dana Desa, Muhammad Maroef Irthany, Sabtu (22/9).

Baca Lainnya : Eko Putro Sandjojo: Jangan Pakai Dana Desa untuk Bangun Infrastruktur Saja

Walau begitu, pihaknya akan memprioritaskan pengaduan yang memiliki dasar dan alat bukti kuat, serta mencantumkan identitas pelapor maupun pengadu. Apabila satgas menemukan pelanggaran akibat ketidakmampuan, ketidakpahaman perangkat desa dalam mengelola anggaran, Kemendes PDTT akan turun melakukan pelatihan dan pendampingan.

"Jika ditemukan indikasi kuat tindakan pidana korupsi, oknum pelaku akan ditindak tegas dan diserahkan ke aparat penegak hukum setempat untuk proses lebih lanjut," tambahnya.

Baca Lainnya : Sejumlah Kades di Bantul Ragu Gunakan Dana Desa  

Terkait laporan dugaan pungutan Rp300 juta di seluruh desa Kabupaten Langkat, Maroef menegaskan jika tim satgas tidak menemukan bukti kuat untuk mendukung tuduhan pelapor di Desa Sukadamai, Kecamatan Hinai.

"Tim satgas bersama Inspektorat Daerah, Kepolisian, melakukan pemeriksaan beberapa paket pekerjaan di enam dusun di Desa Sukadamai, Kecamatan Hinai. Hasil audit tidak ditemukan penyimpangan," ungkapnya di kantor Bupati Stabat. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: