Wisatawan Australia Masih Dominasi Kunjungan ke Pulau Komodo

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
21 Sep 2018   15:45

Komentar
Wisatawan Australia Masih Dominasi Kunjungan ke Pulau Komodo

Taman Nasional Komodo. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menurut catatan Balai Taman Nasional Komodo, turis asal Australia masih mendominasi kunjungan wisatawan asing (wisman) ke Taman Nasional Komodo (TNK) di Nusa Tenggara Timur (NTT) yakni sebanyak 8.100 wisatawan, periode Januari-Agustus 2018.

“Jumlah kunjungan wisatawan asing tertinggi ke Pulau Komodo masih Australia,” terang Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TNK, Dwi Sugiarto di Kupang, Jumat (21/9).

Baca Lainnya : Jadi Destinasi Unggulan, Pengawasan Kapal Wisata TNK Perlu Diperketat

Sedangkan, jumlah kunjungan wisatawan asing terbesar kedua yakni Inggris dengan jumlah wisatawan sebanyak 7.303 orang. Kemudian di posisi ketiga Spanyol 6.894 orang, Jerman 6.422 orang, dan Amerika Serikat (AS) 6.065 orang.

Lebih lanjut Sugiarto mengungkapkan, arus kunjungan wisatawan Australia ke TNK mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari periode Januari-April 2018.

"Dalam periode kunjungan Januari-April hanya mencapai 2.831 turis, maka dalam periode kunjungan Mei-Agustus mengalami peningkatan menjadi 8.100 orang," tambahnya.

Sugiarto menurutkan bahwa arus kunjungan wisatawan Australia ini, dalam lima bulan terakhir menggeser jumlah kunjungan wisatawan AS yang mendominasi selama periode Januari-April 2018 sebanyak 3.078 orang.

Baca Lainnya : Taman Nasional Komodo Raup Rp23,5 M Hingga September 2018

Ia mengatakan, bahwa arus kunjungan wisatawan ke TNK akan mulai ramai pada Juli-Agustus. Meningkatnya arus kunjungan turis asing ke TNK karena karena promosi yang gencar serta didukung oleh layanan penerbangan langsung yang lancar dari sejumlah kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Denpasar ke Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Melihat ini, Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggata Timur, Marius Ardu Jelamu mengatakan, pangsa pasar wisatawan asing terbesar bagi NTT adalah Australia dan Timor Leste, karena berbatasan langsung dengan NTT. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: