Utamakan Beras Lokal, Bulog NTB Tidak Bisa Tampung Beras Impor

TrubusNews
Ihsan Maulana
21 Sep 2018   10:30 WIB

Komentar
Utamakan Beras Lokal, Bulog NTB Tidak Bisa Tampung Beras Impor

Beras Bulog, ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Bulog Divre Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan, mereka tidak dapat lagi menampung beras impor sebanyak 400 ribu ton yang rencananya masuk pada Oktober 2018, sebab seluruh gudang sudah terisi penuh.

Kepala Divre Bulog NTB, Ramlan menyebutkan, seluruh 16 komplek gudang yang tersebar di Pulau Lombok, dan Pulau Sumbawa saat ini dalam kondisi terisi penuh beras, gula pasir hingga minyak goreng.

"Kapasitas gudang kami sebanyak 120 ribu ton gabah. Semua terisi sehingga tidak bisa untuk menyimpan beras impor. Belum lagi untuk menyimpan gula pasir yang akan didatangkan sebanyak 2.500 ton," ujarnya kepada wartawan di Mataram, Jumat (21/9).

Baca Lainnya: Polemik Impor Beras, Menko Darmin Tuding Data Kementan Tidak Valid

Terlebih, Bulog Divre NTB sebelumnya telah berkomitmen dengan Pemprov NTB untuk memprioritaskan penyerapan gabah atau beras produksi petani di daerah, dengan target pengadaan beras di tahun ini sebanyak 150 ribu ton. Dari jumlah tadi, saat ini yang sudah terealisasi sebanyak 110 ribu ton.

Ramlan menambahkan, proses pengadaaan beras produksi petani lokal juga masih berjalan, sehingga volume beras yang akan disimpan di gudang akan bertambah.

Baca Lainnya: Buwas vs Enggar Soal Impor Beras, Moeldoko Dukung Siapa?

Pihaknya memprediksi, dari target pengadaan sebanyak 150 ribu ton, bisa tercapai 130 ribu ton sampai akhir tahun 2018, untuk itu ketahanan stok bisa memadai 18 hingga 20 bulan kedepan.

Terkait dengan ini, Bulog Divre NTB disebutnya sudah berkoordinasi dengan direksi Jakarta, karena beras impor yang akan didatangkan sebanyak 400 ribu ton pada Oktober esok tidak bisa ditampung lagi di NTB.

"Kami pastikan beras impor itu tidak akan disimpan di gudang Bulog NTB. Kami komitmen mendahulukan penyerapan produksi dalam daerah," tegasnya.  [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: