Mahasiswa di Pekanbaru Ciptakan Sepeda Elektrik Ramah Disabilitas

TrubusNews
Kur Syu | Followers 2
20 Sep 2018   14:00

Komentar
Mahasiswa di Pekanbaru Ciptakan Sepeda Elektrik Ramah Disabilitas

inovasi transportasi penyandang disabilitas (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Mahasiswa di Kota Pekanbaru bernama Yudi membuat inovasi transportasi untuk membantu penyandang disabilitas. Ia merakit sepeda listrik roda tiga yang juga bisa digunakan secara manual.

Mahasiswa Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik Caltex Riau (PCR) ini menamai ciptaannya dengan tricycle bike. Selain sebagai tugas akhir, ide muncul karena minimnya sarana transportasi untuk penyandang disabilitas.

"Peran pemerintah masih minim memberikan sebuah alat transportasi yang fleksibel dan nyaman bagi penyandang disabilitas," katanya kepada wartawan, Kamis (20/9).

Baca Lainnya : Asian Para Games 2018, Presiden Minta Penyadang Disabilitas Bisa Nonton Gratis Pertandingan

Yudi menjelaskan, alat ini juga dilengkapi sensor. Begitu pengendara naik, sensor berat akan mendeteksi adanya beban dan memperkirakan apakah bisa digunakan secara elektrik atau manual.

"Kalau bebannya masih standar, maka tinggal ditekan saja sebuah tombol sehingga kendaraan akan berjalan," ucap Yudi.

(Foto: Trubus.id)

Apabila beban pengguna kendaraan di atas 70 kilogram, kendaran tidak dapat dioperasikan pada mode elektrik. Angka itu merupakan beban maksimal yang sudah diset pada sensor berat.

"Pengguna masih bisa menggunakan sepeda dengan mode manual. Tenaga yang dikeluarkan cukup besar," kata Yudi.

Baca Lainnya : Ternyata Banten Tak Punya Perda Hak Penyandang Disabilitas 

Ke depannya, Yudi berusaha menyempurnakan alat ciptaannya lebih baik. Beban maksimal akan ditambah sehingga seberat apapun penyandang disabilitas, sepeda bisa berjalan memakai sistem elektrik.

Diapun berharap kelak alat ini bisa diproduksi massal, tentunya dengan harga terjangkau. Dengan demikian, transportasi ramah penyandang disabilitas akan ada di masa depan.

"Khususnya orang-orang yang mengalami cacat kaki guna membantu mereka dalam melakukan aktifitas sehari-hari seperti bepergian," katanya. [NN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait