43 Ekor Sapi Belgian Blue Sudah Berhasil Dilahirkan di Indonesia

TrubusNews
Syahroni
19 Sep 2018   22:15 WIB

Komentar
43 Ekor Sapi Belgian Blue Sudah Berhasil Dilahirkan di Indonesia

Pedet atau anak sapi jenis Belgian Blue (Foto : Doc/ Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Pemprov Jawa Barat.)

Trubus.id -- Upaya pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian untuk membudidayakan sapi jenis Belgian Blue di tanah air akhirnya berbuah manis. Hal itu diungkapkan Direktur Pembibitan dan Produksi Ternak Kementan, Sugiono, Rabu (19/9).

Ia mengungkapkan, hingga September 2018, Kementan mencatatkan kelahiran sebanyak 43 ekor sapi jenis ini yang dikembangbiakkan baik secara inseminasi buatan maupun transfer embrio. Terakhir, 10 September silam telah lahir 5 anak sapi kelima hasil transfer embrio yang diberi nama Bimasakti. Anak sapi jenis kelamin jantan itu lahir dengan berat 55 kg.

"Bimasakti adalah pedet (anak sapi) ke lima jenis Belgian Blue murni, keturunan dari pejantan Folon De Cras Avernas dan induk Judy Van Daisel. Sebelumnya ada Gatot Kaca, Belgian Blue murni yang lahir pada Juni 2017. Lalu ada Srikandi (betina), Denur (jantan), dan Arimbi (betina)," kata Sugiono dalam keterangan tertulis, Rabu (19/9).

Hal itu diungkapnya saat berkunjung ke Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang, Bogor, yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian.

Sugiono mengatakan, pengembangan sapi jenis ras baru Belgian Blue ini merupakan instruksi dari Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman sebagai upaya pemenuhan kebutuhan daging dan bibit sapi unggul nasional. 

Sapi jenis Belgian Blue sendiri bukan sapi biasa. Keunggulannya dalam pertambahan bobot badannya tergolong tinggi yakni per hari bisa mencapai 1-1,5 kg. Sejak dicanangkan, Kementan menargetkan kelahiran 1.000 pedet Balgian Blue pada 2019 baik melalui Inseminasi Buatan maupun transfer embrio. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: