Setelah Gunung Sindoro-Sumbing, Titik Api juga Ditemukan di Gunung Slamet

TrubusNews
Syahroni
18 Sep 2018   22:45 WIB

Komentar
Setelah Gunung Sindoro-Sumbing, Titik Api juga Ditemukan di Gunung Slamet

Titik api ditemukan di Gunung Slamet, Jawa Tengah, Selasa (18/9) pagi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Setelah Gunung Lawu, Gunung Sindoro-Sumbing dan Gunung Wilis, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai mengancam Gunung Slamet di Jawa Tengah. Selasa (18/9) pagi, satu titik api sudah terdeteksi di jalur pendakian Gunung Slamet via Penakir, Kecamatan Pulosari, Pemalang.

Titip api tersebut terpantau dari pos pendakian Bambangan sekitar pukul 9 pagi. Pengelola basecamp Bambangan, Purbalingga, Slamet Ardiansyah mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak bascamp Penakir. Pihaknya juga sudah melakukan antisipasi sebaran api yang berpotensi menjalar ke wilayahnya.

Baca Lainnya : Kebakaran Hutan Gunung Lawu Meluas 

"Kami sudah menerjunkan 15 personel gabungan relawan, TNI dan Polri untuk membantu proses pemadaman," katanya, Selasa (18/9) siang.

Dari laporan yang diterima, Slamet menduga sumber api bukan dari aktivitas pendakian. Pasalnya, dalam sepekan terakhir tidak ada satupun pendaki yang melakukan pendakian melalui jalur Penakir tadi.

Patut diketahui, untuk menuju puncak Gunung Slamet yang berketinggian 3428 meter dari permukaan laut itu, ada 11 jalur pendakian. Namun demikian, jalur pendakian Bambangan adalah jalur yang paling banyak digunakan.

Baca Lainnya : Hutan dan Lahan di Gunung Sindoro Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup

Sementara itu, kebakaran hutan dan lahan hebat juga pernah terjadi di gunung tertinggi di Jawa Tengah itu pada tahun 2010 dan 2014 silam. Puluhan hektare lahan hutan ludes dilalap si jago merah kala itu. Ratusan pendaki dari semua jalur aktif pun dievakuasi.

Kini guna mencegah hal serupa terulang, tim gabungan langsung berangkat ke lokasi titik api untuk membuat sekat guna melokalisir api agar tidak menyebar. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: