58 Titik Panas Terpantau di Sumatra

TrubusNews
Diah Fauziah
18 Sep 2018   14:30 WIB

Komentar
58 Titik Panas Terpantau di Sumatra

Ilustrasi titik api di Sumatra. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Di Sumatra, sebanyak 58 titik panas terpantau oleh satelit. Menurut BMKG, hal tersebut mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Sumatra. Walaupun secara keseluruhan, wilayah Sumatra mengalami penurunan sebanyak 29 titik.

"Kali ini, ke-58 titik hotspot tersebar di tujuh provinsi yakni Riau, Sumatra Barat, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung dan Lampung. Di Aceh sendiri nihil titik panas," kata Zakaria Ahmad, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Blang Bintang, Selasa (18/9).

Dari 58 titik api, sebanyak 12 dinyatakan sebagai titik api karena memiliki tingkat kepercayaan paling tinggi, di atas 81 persen. Sementara itu, ada 18 titik panas yang memiliki tingkat kepercayaan lebih dari 71 persen. Lalu, 17 titik panas masuk dalam kategori mengkhawatirkan karena tingkat kepercayaannya 61 persen.

Baca Lainnya : BMKG Kembali Temukan 87 Titik Panas Berpotensi Karhutla di Sumsel dan Babel

"Sisanya, yakni 11 titik panas masuk dalam kategori aman karena tingkat kepercayaannya 51 persen. Dibanding enam provinsi lain di Sumatra, titik panas terbanyak ada di Sumatra Selatan," ucap Zakaria.

Sementara itu, BNPB mengklaim jika titik panas di Kalimantan dan Sumatra jauh berkurang akibat sejumlah upaya yang telah dilakukan.

"Saya tidak hafal angka pastinya. Yang jelas, jumlanya menurun karena kami menurunkan helikopter water bombing dan melakukan teknologi modifikasi cuaca," kata Budhi Erwanto, Kasubdit Tanggap Darurat BNPB, beberapa waktu lalu. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Jokowi: Sekarang Semua yang Keluar Rumah Harus Pakai Masker

Peristiwa   06 April 2020 - 17:02 WIB
Bagikan: