California Segera Luncurkan Satelit Canggih Anti-Polusi Udara

TrubusNews
Ayu Setyowati | Followers 0
18 Sep 2018   12:30

Komentar
California Segera Luncurkan Satelit Canggih Anti-Polusi Udara

Polusi udara di california (Foto : Inverse)

Trubus.id -- California segera  meluncurkan satelitnya sendiri untuk melacak kualitas udara dalam perang melawan polusi udara. Gubernur Jerry Brown mengumumkan inisiatif utama di tengah upaya Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, untuk mengurangi bagian NASA dalam memantau perubahan iklim. Brown belum mengumumkan kapan negara akan meluncurkan satelit atau berapa biaya pembayar pajak.

Brown telah lama berdiri dalam oposisi terhadap pemerintahan Trump, yang telah berjuang keras bagi standar emisi California. Setelah upaya untuk memotong pendanaan NASA untuk penelitian iklim, Brown berharap bahwa satelit akan memastikan bahwa California memiliki akses independen ke pengumpulan data dalam jangka panjang.

“Kami akan meluncurkan satelit kami sendiri untuk mencari tahu di mana polusi itu dan bagaimana kami akan mengakhirinya,” Brown menjelaskan kepada Inhabitat. 

Baca Lainnya : Benarkah Polusi Udara Bisa Turunkan Fungsi Otak pada Manusia?

NASA memiliki program perubahan iklim sendiri yang disebut Carbon Monitoring System (CMS). Sistem ini mengumpulkan data dari kumpulan satelit dan pesawat terbang ketinggian tinggi untuk melacak emisi karbon di seluruh dunia. 

Program ini mendapat kecaman dalam putaran terbaru pemotongan anggaran Gedung Putih, yang secara langsung ditujukan untuk inisiatif perubahan iklim. Untungnya, panitia alokasi tidak memotong pendanaan CMS, tetapi ancaman itu membuat banyak ilmuwan khawatir tentang masa depan program.

Brown berkolaborasi dengan perusahaan yang berbasis di San Francisco yang disebut Planet Labs untuk meluncurkan satelit. Perusahaan akan bekerja dengan Dewan Sumber Daya Udara California untuk membangun satelit dan melacak emisi karbon di seluruh negara bagian dan dunia. 

Baca Lainnya : Polusi Udara Tak Hanya Merusak Kesehatan, tapi Juga Mental

Sejauh ini, Planet Labs - yang didukung oleh perusahaan seperti Google dan DCVC - memiliki 150 armada satelit, yang semuanya mengambil foto bumi dan mentransfer data ke berbagai pemerintah, perusahaan swasta, jurnalis, bisnis pertanian, dan hedge fund. 

Brown berharap program ini akan mengarah pada pemantauan iklim yang lebih baik, meskipun ada upaya dari administrasi Trump. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: