18 Desa di Temanggung Krisis Air Bersih, Yuk Kita Bantu

TrubusNews
Astri Sofyanti
18 Sep 2018   10:00 WIB

Komentar
18 Desa di Temanggung Krisis Air Bersih, Yuk Kita Bantu

Air bersih, ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kabupaten Temangung, Jawa Tengah sedang menghadapi krisis air bersih lantaran banyak sumber air mengering akibat musim kemarau. Warga di 53 dusun yang tersebar di 18 desa di Kabupaten Temanggung membutuhkan air bersih untuk keperluan sehari-hari.

Pelaksana tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi mengatakan, mata air di lereng Gunung Sumbing yang selama ini menjadi sumber air sebagian warga belakangan airnya menyusut sehingga warga kekurangan pasokan.

Baca Lainnya: Baru Masuk Musim Kemarau, 42 Desa di Sampang, Sudah Kekeringan

"Banyak warga kini kesulitan air bersih dan meminta bantuan pada BPBD," ucap Gito di Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (18/9).

Melihat kondisinya sangat memprihatinkan, BPBD menyalurkan bantuan air bersih ke desa-desa yang mengalami krisis air bersih.

Lebih lanjut dikatakan Gito, desa terakhir yang meminta bantuan air bersih adalah Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Untuk itu, BPBD Kabupaten Temanggung mulai mendistribusikan air bersih ke desa itu pekan lalu dan kemudian secara teratur mengirim bantuan air dua kali dalam seminggu.

Baca Lainnya: Sejumlah Wilayah di NTT Alami Kekeringan Ekstrem

Salah seorang warga Desa Kledung, Rodiah yang terdampak kekeringan, mengatakan sumber air yang sebelumnya bisa memenuhi kebutuhan seluruh warga desa, saat ini hanya bisa mengalir ke sebagian rumah warga saja.

"Supaya adil dan merata, pemerintah desa mematikan aliran ke seluruh rumah dan titik air hanya dialirkan di depan balai desa, mau tidak mau warga yang butuh air bersih harus antre untuk mendapatkannya," ujarnya.

Trubus Mania Mau Bantu? [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Bina Swadaya Kritisi UU Kontroversial Cipta Kerja

Peristiwa   24 Nov 2020 - 18:26 WIB
Bagikan:          
Bagikan: