Di China, Badai Mangkhut Dilaporkan Telah Menewaskan 4 Warga

TrubusNews
Syahroni
17 Sep 2018   18:15 WIB

Komentar
Di China, Badai Mangkhut Dilaporkan Telah Menewaskan 4 Warga

Topan Mangkhut hantam China, Minggu (16/9) petang. (Foto : The Indian Expres)

Trubus.id -- Usai memporak porandakan Filipina dan menewaskan setidaknya 64 orang, Topan Mangkhut menghantam daratan China, Minggu (16/9) malam. Dampak yang ditimbulkan topan ini di China juga tak kalah dahsyatnya.

Seperti dilansir Reuters, Senin (17/9), laporan terbaru televisi nasional China Central Television menyebut sedikitnya empat orang tewas di Provinsi Guangdong, yang merupakan provinsi paling padat di China. Tidak dijelaskan lebih lanjut penyebab tewasnya empat orang itu.

Baca Lainnya : Usai Tewaskan Sedikitnya 12 Warga Filipina, Topan Mangkhut Sambangi China

Sementara di Hongkong, badai terbesar sepanjang tahun ini juga dilaporkan telah melukai sedikitnya 200 orang. Topan Mangkhut itu sendiri mencapai daratan China bagian selatan di kota pesisir Jiangmen, provinsi Guangdong. 

Otoritas setempat melaporkan, topan ini memicu hujan sangat deras di wilayah China bagian selatan. China Central Television melaporkan bahwa peringatan banjir telah dirilis untuk 38 sungai di wilayah Guangxi, yang berbatasan dengan Guangdong.

Pusat pemantauan pantai-pantai setempat melaporkan keberadaan gelombang laut terbesar saat topan Mangkhut menerjang. Dilaporkan juga bahwa lebih dari 13 ribu hektare lahan pertanian rusak akibat topan ini.

Baca Lainnya : Rengut 59 Nyawa, Topan Mangkhut juga Hempaskan Panen Petani Filipina

Siklon tropis Mangkhut yang disebut media di China sebagai "Raja Badai" ini juga menyebabkan longsor di pesisir China dekat kota Jiangmen. BBC mengabarkan, raja badai itu membawa serta hujan lebat dengan kecepatan angin hingga 162 km/jam. 

Berbagai jadwal penerbangan dibatalkan, kereta berhenti beroperasi, dan jalan utama ditutup. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Raih Penghargaan Badan Publik Informatif Tahun 2019

Peristiwa   22 Nov 2019 - 23:47 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: