BMKG Kembali Temukan 87 Titik Panas Berpotensi Karhutla di Sumsel dan Babel

TrubusNews
Astri Sofyanti
17 Sep 2018   14:45 WIB

Komentar
BMKG Kembali Temukan 87 Titik Panas Berpotensi Karhutla di Sumsel dan Babel

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ M Syukur)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali menemukan puluhan titik panas yang terdeteksi oleh satelit yang berpotensi memicu kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pulau Sumatera, Senin (17/9). BMKG mencatat, sebanyak 87 titik panas ini mengindikasikan karhutla di Sumatera Selatan hingga Bangka Belitung.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Blang Bintang, Zakaria Ahmad menjelaskan, 87 titik panas ini tersebar di empat provinsi, yakni Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung.

Baca Lainnya : BMKG Kembali Deteksi 157 Titik Panas di Sumatera

"Pagi ini di Aceh, nihil titik panas. Tetapi di empat provinsi ada 87 titik, dan terbanyak masih disumbang oleh Sumsel (Sumatera Selatan) dan Bangka Belitung," ucapnya di Aceh Besar, Senin (17/9).

Baca Lainnya : Ditemukan 154 Titik Panas Berpotensi Karhutla di Sumatera

Sampai saat ini pihaknya terus melakukan pembaharuan data titik panas menyebut, ada 24 titik di antaranya telah menjadi titik api akibat karhutla karena memiliki tingkat kepercayaan lebih dari 81 persen.

Kemudian 26 titik di antaranya diduga sebagai titik api dengan tingkat kepercayaan di atas 71 persen. Sebanyak 19 titik ini sangat mengkhawatirkan, karena memiliki tingkat kepercayaan lebih 61 persen, sedangkan 18 titik dalam kategori aman dengan tingkat kepercayaan 51 persen. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: