Dua Helikopter Mulai Beroperasi Padamkan Kebakaran Gunung Sumbing

TrubusNews
Binsar Marulitua
17 Sep 2018   14:00 WIB

Komentar
Dua Helikopter Mulai Beroperasi Padamkan Kebakaran Gunung Sumbing

BNPB mengirimkan heli Kamov untuk water bombing di Gunung Sumbing (Foto : Trubus.id/Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan memulai operasi pemadaman kebakaran hutan Gunung Sumbing, Jawa Tengah hingga, Senin (17/9) dengan menggunakan dua helikopter. Target operasi dengan teknik water bombing adalah tiga titik api yang membakar hutan di wilayah Kabupaten Temanggung.

Pemadaman melalui udara mengerahkan dua helikopter water bombing, yakni helikopter Kamov dan Bolco sebelumnya tertunda bebrapa hari lalu akibat tertutup awan dan kabut. Sementara upaya pemadaman melalui jalur darat belum memperlihatkan hasil yang signifikan mengingat hembusan angin kencang dan medan lokasi bertekstur sangat kering sangat mudah memunculkan titik api baru. 

Helikopter tersebut mampu membawa air 4.500 liter sekali terbang. Sedang Bolco hanya 500 liter. Diperkirakan besok, Selasa (18/9) siang heli sudah tiba di Temanggung. Heli Kamov ini diterbangkan dari Jambi yang juga sedang lakukan water bombing karhutla. Di Jambi sendiri masih ada beberapa helikopter milik BNPB.

Baca Lainnya : Ditiup Angin Kencang, Kobaran Api di Gunung Sumbing Semakin Besar

“Pagi ini terlihat masih ada tiga titik api. Helikopter Kamov dan Bolco akan melakukan water bombing mulai pukul 09.00 WIB,” kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Gito Wangaldi, Senin (17/9).

Ketika dikonfirmasi mengenai kendala pelaksanaan water bombing, Gito menyatakan, sejauh ini belum ada hambatan.

“Kami berharap cuaca bersahabat sehingga water bombing bisa dilakukan secara optimal dan kebakaran bisa cepat dipadamkan,” ucapnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: