Usai Tewaskan Sedikitnya 12 Warga Filipina, Topan Mangkhut Sambangi China

TrubusNews
Syahroni
16 Sep 2018   17:00 WIB

Komentar
Usai Tewaskan Sedikitnya 12 Warga Filipina, Topan Mangkhut Sambangi China

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Topan Mangkhut yang menerjang Filipina bagian utara, menewaskan sedikitnya 12 orang di Filipina bagian utara. Selain itu, topan yang membawa angin dengan kecepatan 185 kilometer per jam itu juga telah memicu bencana longsor dan menyebabkan banjir yang kemudian menghancurkan rumah-rumah warga.

Dilansir dari ABC, Penasihat Presiden Filipina, Francis Tolentino, mengatakan, 12 orang meninggal kebanyakan akibat tertimbun tanah longsor dan terkena material bangunan karena angin memporak-porandakan bangunan. Dari 12 korban tewas, 2 di antaranya seorang bayi dan anak berusia 2 tahun.

Baca Lainnya : Dengan Kecepatan 255 Km per Jam, Topan Mangkhut Bergerak ke Filipina

Lanjut, Francis mengatakan, anak-anak itu tewas karena orang tuanya menolak untuk mengungsi. Di Filipina sendiri sebagian warga ada yang memilih menetap di rumahnya meski pemerintah setempat sudah memberikan peringatan.

Sementara itu, seperti dikutip dari Reuters, sistem pemantau bencana global memperkirakan Topan Mangkhut bakal melalui kawasan dekat Hong Kong, pada Minggu (16/9) sore waktu setempat.

Sejauh ini, para warga Hong Kong sudah bersiap menghadapi badai tersebut. Sebagian menempelkan selotip pada jendela apartemen dan kantor sehingga membentuk huruf X.

Baca Lainnya : Terdampak Topan Mangkhut, Stasiun Meteorologi Ambon Keluarkan Warning Pelayaran

Antoine Li, anggota pusat tanggap darurat di Desa Tai O, Pulau Lantau, bagian pesisir barat Hong Kong, mengimbau para warga untuk tidak meremehkan Topan Mangkhut walau kekuatannya diprediksi melemah.

"Topan ini akan sangat berbahaya karena bakal tiba saat semua orang tidur dan tidak bisa pergi. Karena itu, kami menyeru kepada semua warga untuk meninggalkan desa sebelum gelap," ujarnya kepada kantor berita Reuters. [RN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bambang Ismawan Ungkap Tantangan Mendirikan Majalah Trubus

Peristiwa   06 Des 2019 - 15:13 WIB
Bagikan: