Ini yang Jadi Penyebab Pemuda Ogah Jadi Petani

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
25 Sep 2017   16:55

Komentar
Ini yang Jadi Penyebab Pemuda Ogah Jadi Petani

Koordinator aksi Hari Tani Nasional 2017, Serikat Petani Indonesia (SPI) Randa Sinaga. (Foto : Foto: Ihsan Maulana/TRUBUS.ID)

Trubus.id -- Beberapa waktu lalu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebutkan profesi petani di Indonesia terancam punah. Menanggapi itu, koordinator aksi Hari Tani Nasional (HTN) 2017, Serikat Petani Indonesia (SPI) Randa Sinaga memakluminya.

Menurutnya, faktor yang membuat pemuda tidak berminat menjadi petani karena stigma yang tercipta di masyarakat bahwa petani adalah profesi rendahan.

"Profesi petani distigmakan sebaga profesi yang miskin dan kumuh. Bahkan anak petani inginnya kerja di kantoran, tidak berminat meneruskan profesi orangtuanya," kata Randa di sela-sela aksi demonstrasi merayakan Hari Tani Nasional 2017 di depan Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (25/9/2017).

Lanjut Randa, agar stigma itu semakin kuat tercipta di masyarakat, ada oknum-oknum yang bekerjasama dengan korporasi. Tujuannya mengganggu pendistribusian dengan cara mengambil celah melalui sistem yang tidak jelas atau ilegal. [IM/AS]

Simak video Catatan Bisma berikut ini:

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: