Pria Ini Habiskan Waktu 6 Tahun Membangun Pondok Hobbit Hemat Energi

TrubusNews
Ayu Setyowati | Followers 0
14 Sep 2018   21:15

Komentar
Pria Ini Habiskan Waktu 6 Tahun Membangun Pondok Hobbit Hemat Energi

Rumah hobbit hemat energi karya Jim Costigan. (Foto : Doc/ Inhabitat)

Trubus.id -- Film Lord of the Rings telah menyentuh hati banyak orang. Hal yang sama juga dirasakan Jim Costigan. Bagi Costigan, film Lord of the Rings ini memiliki arti besar hingga akhirnya ia mengambil satu langkah lebih jauh dengan membangun rumah hobbit Bag End-nya yang menginspirasi.

Pengawas konstruksi New York dan keluarganya ini menghabiskan lebih dari enam tahun membangun pondok hemat energi dengan bentuk melengkung dan atap hijau subur yang bahkan akan membuat Bilbo Baggins sedikit iri.

"Saya pikir itu adalah rumah paling keren yang pernah saya lihat," kata Costigan menyebut Bag End di The Hobbit. “Secara arsitektural, saya berpikir bahwa rumah di film itu benar-benar dibuat dengan baik, itu benar-benar asli. Lengkungannya, segala sesuatu tentangnya unik.”

Meskipun Costigan menghabiskan sebagian besar kariernya bekerja di gedung pencakar langit di Manhattan, ia memutuskan untuk menciptakan kembali desain yang menawan di halaman belakang rumahnya sendiri, dengan sebuah pondok yang sekarang ia sebut Hobbit Hollow.

Lebih dari sekedar imajinasi penggemar, pria ambisius ini tidak hanya menciptakan kembali rumah hobbit yang terkenal, tetapi menjadikannya rumah pasif yang terlindung bumi.

Menariknya, sejak awal, seluruh proyek terintegrasi dengan rincian hemat energi, termasuk konstruksi bebas termal yang menyediakan cangkang yang diisolasi rapat, serta jendela triple-panel dan sebuah ventilator pemulihan panas.

Dimulai dengan fondasi beton, rumah seluas 1.500 kaki persegi ini dibangun dengan berbagai fitur kreatif yang memamerkan perhatiannya kepada detail hobbit serta komitmennya terhadap keberlanjutan.

Sama seperti Bag End, bagian luar rumah dibalut batu alam. Namun, ketika tiba di pintu bulat yang khas, ada sedikit masalah, karena tidak memenuhi standar Rumah Pasif. Costigan kemudian membangun bingkai merah melingkar yang menyembunyikan pintu persegi panjang. Dan tentu saja, rumah hobbit tidak akan lengkap tanpa atap hijau subur yang mengikuti kurva desain, memadukannya jauh ke dalam lanskap.

Di bagian dalam rumah, langit-langit berkubah tinggi memberi karakter dan kedalaman ruang yang kecil. Banyaknya jendela dan skylight di setiap kamar, kecuali kamar mandi tamu, membanjiri interior dengan cahaya alami.

Terletak di Pawling, New York, rumah hobbit dengan dua kamar tidur dan dua kamar mandi ini terletak di hutan alam seluas 1,7 hektar dengan teras bluestone terbuka di bagian belakang. Dari sana, keluarga dan pengunjung dapat menikmati suara air mengalir yang mengarah ke air terjun dan kolam yang indah. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: