Menkes: Kaum Perempuan Berperan Penting dalam Kesehatan Negara

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
14 Sep 2018   17:45

Komentar
Menkes: Kaum Perempuan Berperan Penting dalam Kesehatan Negara

Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek. (Foto : Trubus.id/ Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Dalam Kongres Wanita Indonesia (Kowani) 2018, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek berpesan agar Kongres Wanita Indonesia kedepannya bisa menggerakkan kaum perempuan sebagai ujung tombak, dalam menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan anggota keluarga hingga masyarakat.

"Kongres Wanita Indonesia (Kowani) yang beranggotakan 91 organisasi perempuan dengan 62 juta perempuan sebagai anggota, tentu lembaga ini memiliki peran yang sangat penting untuk bisa menjadi ujung tombak dalam menjaga kesehatan masyarakat," ujarnya saat diskusi panel Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia di Yogyakarta, Jumat (14/9).

Baca Lainnya : Peringati PAS, Kemenkes Bangkitkan Kesadaran Akan Pentingnya ASI

Ia menambahkan, salah satu peran perempuan yang tidak bisa dilepaskan dalam menjaga kualitas kesehatan keluarga adalah menjaga kesehatan reproduksi. Terlebih, peran perempuan di bidang kesehatan juga terus berlanjut ketika perempuan tersebut hamil dan melahirkan, dengan menjaga asupan gizi anak di 1.000 hari kehidupan awal.

"Itu bertujuan agar anak tersebut tidak mengalami stunting atau mengalami kekerdilan. Dari data 2013, kekerdilan di Indonesia masih cukup tinggi mencapai 37,2 persen. Artinya dari 10 anak, empat di antaranya mengalami kerdil. Bukan hanya kerdil fisik tetapi juga otak," lanjutnya.

Baca Lainnya : Dalam Peringatan Hari Anak Nasional, Kemenkes Fokus Tangani Stunting

Ia menjelaskan, kekerdilan ini juga bisa memberikan dampak yang berbahaya, karena menurunnya kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Di sisi lain, Nila berpesan agar perempuan di Kongres Wanita Indonesia bisa berperan atif untuk membantu menuntaskan pencapaian imunisasi di seluruh Indonesia.

Kowani juga diharapnya bisa meningkatkan peran dalam menurunkan angka kematian ibu, salah satu caranya adalah mencegah pernikahan dini. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: