'Sabuk Hijau' untuk Perlindungan Sungai dan Ekonomi Masyarakat Palangkaraya

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
14 Sep 2018   15:45

Komentar
'Sabuk Hijau' untuk Perlindungan Sungai dan Ekonomi Masyarakat Palangkaraya

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah Kota Palangkaraya berupaya melindungi ekosistem sungai dan danau dengan menerapkan konsep Green Belt atau sabuk hijau, yang mencakup penataan bangunan di tepi sungai dan danau dan pembatasan eksplorasi dan eksploitasi sumber daya di kawasannya.

"Konsep green belt ini sebagai upaya pemerintah kota menjaga kawasan sungai dan danau dari dari eskplorasi dan berbagai tindakan yang tidak bertanggung jawab," kata Wali Kota Palangkaraya, Riban Satia. 

Baca Lainnya : Habitat Rusak, Serangan Satwa Meningkat di Kalimantan Tengah

Riban menerangkan, penerapan konsep 'sabuk hijau' di kawasan bantaran sungai dan danau telah dikuatkan dengan peraturan walikota. Dalam penerapan konsep tersebut, pemerintah kota antara lain melarang warga mendirikan bangunan baru dalam radius 500 meter dari tepi sungai dan danau.

"Bangunan yang sudah ada tidak mungkin kita gusur, maka di lokasi itu penataannya berupa bangunan yang didirikan tidak boleh membelakangi sungai dan danau," kata Riban.

Ia menjelaskan pula bahwa dirinya masih menemukan kegiatan tambang liar di kawasan sungai, salah satunya di wilayah Kecamatan Bukit Batu.

Baca Lainnya : Kalimantan Tengah Perpanjang Status Siaga Darurat Karhutla

"Praktik tersebut saya temukan kemarin waktu menelusuri Sungai Rungan. Melalui konsep green belt itulah praktik semacam ini yang ingin kita minimalkan. Salah satu penerapan konsep ini ialah melalui program pemberdayaan masyarakat di kawasan sungai dan danau sehingga mengurangi potensi pemanfaatan sungai dan danau tanpa mempertimbangkan dampaknya," katanya.

Ia menambahkan program pemberdayaan warga sekitar kawasan sungai dan danau antara lain berupa pelibatan warga dalam kegiatan peternakan lebah dan ikan. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: