Clean Up Jakarta Targetkan Satu Juta Orang Bersihkan Sampah di Jakarta

TrubusNews
Karmin Winarta
14 Sep 2018   16:15 WIB

Komentar
Clean Up Jakarta Targetkan  Satu Juta Orang Bersihkan Sampah di Jakarta

Clean Up Jakarta (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sampah sampai hari ini masih menjadi permasalahan serius di banyak kota-kota besar, termasuk Jakarta. Sayangnya kondisi ini diperparah dengan kebiasaan orang yang masih membuang sampah sembarangan.

Sehingga di tempat-tempat umum, di tempat wisata yang elok pun, sampah berserakan.  Hal ini juga dialami oleh Angela Richardson, founder Clean Up Jakarta.

Saat itu ia berwisata ke Ambon, mengunjungi salah satu pantai yang direkomendasikan temannya. Pantai indah ini ternyata banyak sampah berserakan. Ia langsung beraksi, mengumpulkan sampah-sampah yang ada di sekitar pantai. 

Tindakan Angela ini tentu saja mengherankan orang-orang di pantai. Namun mereka menyambut baik apa yang dilakukannya. Seorang ibu yang berjualan di warung dan bapak-bapak sopir yang mengantarnya pun ikut dalam aksinya.  

Mereka mengumpulkan sampah selama dua jam. Hasilnya mengejutkan, sampah yang dikumpulkan lebih banyak dari yang diduga sebelumnya.

Dari sinilah ia memutuskan untuk melakukan aksi yang lebih besar dengan membuat Clean Up Jakarta.

Kepada Trubus.id, ia mengatakan Clean Up Jakarta akan mengadakan kegiatan pada Sabtu (15/9) di seluruh Jakarta yang terdiri dari 107 titik. 
Menurutnya Acara yang diadakan tiap tahun ini targetnya akan melibatkan satu juta orang yang berpartisipasi di acara ini.

Karena itu Angela bersama timnya bekerja sama dengan Pemerintah DKI Jakarta yang menugaskan setiap ketua RT dan RW mengikutkan warganya dalam acara ini.

(Angela Richardson, founder

Selain itu Angela juga mengajak komunitas-komunitas, dinas pendidikan nasional, perusahaan dan lainnya.  Clean up Jakarta akan diakhiri dengan berkumpul di Monumen Nasional (Monas) Jakarta. 

Selain itu ia menggandeng orang-orang asing yang tinggal di Jakarta. Memang  selama ini mayoritas volunteer berasal dari Indonesia. Menurutnya orang asing yang berpartisipasi dalam event yang ia gelar jumlahnya sekitar 10 persen saja.

Biasanya Clean Up Jakarta dilakukan pada bulan Oktober setiap tahunnya, namun tahun ini event ini dilakukan bersama-sama dengan volunteer di seluruh dunia dalam World Cleanup Day.

Acara Clean Up Jakarta dimulai tahun 2013. Saat itu hanya diikuti oleh seribuan orang. Inspiratif kan?
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: