Pemadaman Kebakaran Gunung Sindoro-Sumbing Kini Juga Dilakukan Secara Manual

TrubusNews
Astri Sofyanti
14 Sep 2018   16:00 WIB

Komentar
Pemadaman Kebakaran Gunung Sindoro-Sumbing Kini Juga Dilakukan Secara Manual

Gunung Berapi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sampai saat ini kebakaran yang melanda kawasan hutan di Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang berada di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah masih terus dilakukan. bahkan upaya pemadaman api juga dilakukan dengan cara manual.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengungkapkan, rencananya hari ini, Jumat (14/9) akan dilakukan pemadaman api dengan pengeboman air dari helikopter.

Meski begitu, pemadaman secara manual juga terus dilakukan.

Baca Lainnya: 4 Provinsi Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan

"Hari ini diterjunkan sekitar 160 personel untuk melakukan pemadaman secara manual di Gunung Sindoro dan Sumbing," ucapnya di Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (14/9).

Lebih lanjut ia menekankan, kebakaran di Gunung Sumbing saat ini terjadi di petak 27-2 dan petak 20-1, kemudian di Gunung Sindoro terjadi di petak 10-5.

Petak 27-2 masuk Resor Pemangku Hutan (RPH) Kemloko Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung, sedangkan petak 20-1 RPH Kecepit BKPH Temanggung.

Baca Lainnya: 25 Titik Panas Picu Kebakaran Hutan di Sumatra

Gito mengatakan luasan lahan yang terbakar di Gunung Sumbing sekitar 393 hektare dan di Gunung Sindoro sekitar 385 hektare.

Untuk mendukung pemadaman menggunakan helikopter, mulai Jumat pagi sedang dilakukan survei tempat pengambilan air di dua lokasi, yakni di Embung Kledung Temanggung dan di Telaga Menjer Kabupaten Wonosobo.

"sejak pagi tadi kami baru melakukan survei tempat pengambilan air, apakah airnya mencukupi, akan dilanjutkan setelah Sholat Jumat untuk pemadaman menggunakan helikopter," ungkapnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

7 Pesan Jokowi kepada Kabinet Indonesia Maju

Peristiwa   23 Okt 2019 - 17:58 WIB
Bagikan: