Mendag Enggartiasto Lukita: Tanpa Impor Beras Indonesia Bisa Kacau

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
14 Sep 2018   09:21

Komentar
Mendag Enggartiasto Lukita: Tanpa Impor Beras Indonesia Bisa Kacau

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto : Astri Sofyanti/ trubus.id)

Trubus.id -- Menteri Perdagangan RI (Mendag) Enggartiasto Lukita mengungkapkan,  tanpa impor beras, Indonesia bisa mengalami kekacauan. Enggar menilai impor penting dilakukan karena Indonesia terancam defisit beras.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada akhir 2017 lalu, stok beras di Indonesia turun drastis. Bahkan kondisi stok beras pemerintah di gudang Bulog sempat minus. Untuk itu, pemerintah saat ini memiliki kewajiban untuk menyediakan beras rastra bagi masyarakat kurang mampu.

Baca Lainnya: Pemerintah Impor Beras, Penimbunan Harusnya Bisa Dicegah

“Sebenarnya ada dua pilihan, kalau impor pasti dibully, kalau tidak impor siapa pun pemerintahanya akan jatih dengan chaos (kacau), jadi ini konsekuensinya,” ucap Enggar di Jakarta, baru-baru ini.

Lebih lanjut Enggar menekankan, Indonesia hampir selalu mengimpor beras untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang masih terjadi kekurangan pasokan.

Baca Lainnya: Impor Beras Harus Dilakukan, Asalkan...

"Hanya di zaman orde baru, itu pun satu periode tertentu, kita tidak impor beras. Di luar itu, kita selalu impor beras," ungkapnya lagi.

Selain itu, Enggar juga mengungkapkan, setiap keputusan impor tak dilakukan sendiri, melainkan melalu rapat koordinasi di tingkat Kementerian Koordinator Perekonomian. Rapat juga dihadiri Menteri Koordinator Perekonomian, Menteri Pertanian, Direktur Utama Bulog, dan Deputi Menteri BUMN. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: