61 Persen Sungai di Jakarta Masuk Kategori Tercemar Berat

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
13 Sep 2018   06:30

Komentar
61 Persen Sungai di Jakarta Masuk Kategori Tercemar Berat

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menyimpulkan kualitas air sungai yang diteliti dari sejak 2014 hingga 2017 makin memburuk. Hal tersebut diungkapkan Wakil Kepala DLH DKI Jakarta Ali Maulana Hakim yang mengatakan 60 persen sampel air sungai di Jakarta tercemar berat.

"Dari (tahun) 2014 sampai 2017 memang ada, khusus untuk yang tercemar berat itu ada peningkatan di 2016 ke 2017. Prosentasenya sudah sampai 60 persen tercemar beratnya,” kata Ali Rabu (12/9).

Hingga saat ini DLH sudah berupaya menangani sungai-sungai yang mengalami status tercemar berat. Upaya itu antara lain dengan melakukan pembersihan sampah yang ada di sepanjang wilayah sungai di DKI Jakarta.

Baca Lainnya : Gubernur DKI Upayakan Satwa Asli Kembali ke Sungai Ciliwung, Bagaimana Caranya?

Namun, Ali juga menyadari permasalahan pencemaran air sungai bukan dikarenakan permasalahan sampah semata. Namun, yang paling utamanya adalah mengenai kandungan dalam air yang berdampak pada kualitas air.

“Tetapi kita bicara limbah dan kualitas air. Yang saya bilang tercemar berat itu kualitas airnya. Kalau secara kasat mata memang bersih. Tetapi kandungannya, ada beberapa parameter itu, terutama misalnya bakteri e-coli, sering ditemukan berjumlah tinggi,” terangnya.

Ali mengatakan, setiap tahun DLH Jakarta menguji kualitas air 20 sungai, di 90 titik sampel termasuk anak sungai dan percabangannya.

Dari data yang diperoleh, tercatat pada 2014, angka 32 persen sungai di Jakarta statusnya tercemar berat. Angka tersebut makin meningkat menjadi 43 persen pada 2015. Pada 2016  menjadi 60 persen, dan meningkat menjadi 61 persen pada 2017.

Baca Lainnya : Presiden Jokowi: Kalau Saja Ciliwung Bisa Bersih Seperti Sungai Cheonggyecheon...

DLH Jakarta, menemukan fakta bahwa adanya perubahan kualitas air dari 13 sungai di Jakarta. Ali mencontohkan, aliran air Sungai Ciliwung yang masuk dari daerah Kota Depok ternyata sudah tercemar ringan.

"Jadi dari masuknya saja sudah tercemar ringan. Jadi beberapa lokasi masuknya aliran sungai ini, atau inlet-nya itu memang sudah tercemar ringan,” katanya. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: