Gubernur DKI Upayakan Satwa Asli Kembali ke Sungai Ciliwung, Bagaimana Caranya?

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
12 Sep 2018   20:45

Komentar
Gubernur DKI Upayakan Satwa Asli Kembali ke Sungai Ciliwung, Bagaimana Caranya?

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di tepian Sungai Ciliwung. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Guna menjawab tantangan Presiden Joko Widodo pascakunjungan ke Seoul, Korea Selatan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan segera mengambil tindakan pada Sungai Ciliwung.

Sebelumnya, saat Jokowi beserta istri melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan, ia sempat Sungai Cheonggyecheon didampingi Walikota Seoul, Park Won-Soon. Saat itu Jokowi memuji kondisi Sungai Cheonggyecheon yang berada di tengah kota. Ia pun berharap, bisa menerapkan hal itu di Sungai Ciliwung yang juga mengalir di tengah kota Jakarta.

Baca Lainnya : Presiden Jokowi: Kalau Saja Ciliwung Bisa Bersih Seperti Sungai Cheonggyecheon...

Pencemaran di Sungai Ciliwung saat ini memang sudah dalam ambang batas mengkhawatirkan. Bahkan Gubernur DKI menyebut, persentase pencemaran berat Sungai Ciliwung mengalami kenaikan dari 32% menjadi 61%. 

"Jadi selama 2014, 2015, 2017, persentase sungai yang mengalami pencemaran berat mengalami peningkatan," ujar Anies, di Balai Kota Jakarta, Rabu (12/9). 
Sementara itu, persentase pencemaran ringan dan sedang disebut mengalami penurunan.

Baca Lainnya : Ridwan Kamil Akan Sulap Kalimalang jadi Seperti Sungai Cheonggyecheon

Karena itu, Anies mengaku tengah menyusun perencanaan untuk merevitalisasi Sungai Ciliwung. Tujuannya, agar Sungai Ciliwung kembali ke kondisi sebelumnya. Pemprov DKI akan fokus untuk mengurangi pencemaran. Sehingga, Ciliwung tak hanya tampak indah dipandang, namun juga bebas pencemaran. 

Mantan Menteri Pendidikan itu melanjutkan, akan menerapkan konsep naturalisasi, yakni dengan menjadikan Ciliwung sebagai lokasi yang tepat bagi habitat satwa asli. 

"Kalau satwa bisa berada di sungai artinya sungai itu sehat dan bersih. Nah, itu yang disebut sebagai sungai yang alamiah, sungai-sungai yang natural. Kami akan dorong ke sana," tandas Anies. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: