Tumbuhkan Industri Berbasis Kelautan, IPB Gelar Maritim Product Innovation Talks

TrubusNews
Syahroni
12 Sep 2018   20:15 WIB

Komentar
Tumbuhkan Industri Berbasis Kelautan, IPB Gelar <i>Maritim Product Innovation Talks</i>

Produk yang digelar di Maritim Product Innovation Talks, di kampus IPB, Rabu (12/9). (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim), menggelar acara Maritime Product Innovation Talks di Auditorium Sumardi Sastrakusuma, FPIK IPB, Rabu (12/9). 

Turut hadir dalam acara tersebut, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Maritim, Agung Kuswandono, Rektor IPB, Arif Satria dan juga perwakilan Kementerian/Lembaga, Innovator produk inovasi kelautan dan perikanan lingkup IPB, pelaku usaha calon mitra, serta akademisi dari IPB dan perwakilan beberapa kampus sekitar.

Acara ini sendiri digelar sebagai salah satu upaya untuk mensinergikan dan mengkoordinasikan seluruh pihak untuk terus menghasilkan produk yang dapat dikomersialisasi sehingga menumbuhkan industri-industri manufaktur baru berbasis SDA kelautan dan perikanan yang meningkatkan daya saing Indonesia.

Sesuai dengan Perpres Nomor 10 Tahun 2015, Kemenko Kemaritiman memang dibentuk dalam rangka sinkronisasi, koordinasi dan pengendalian isu-isu bidang kemaritiman. Salah satunya adalah mendorong tercapainya target pemerintah terkait peningkatan produksi produk kelautan dan perikanan sebagaimana diamanahkan dalam RPJMN 2015-2019 sesuai Perpres 2 Tahun 2015 tentang RPJMN. 

Kemenko Maritim mendorong tumbuhnya inovasi produk kelautan dan perikanan dalam rangka penumbuhan industri-industri baru serta industri penunjang berbasis SDA dari laut dan perikanan seperti produk farmasi, kesehatan, kosmetik serta alat/mesin penunjang eksplorasi SDA kelautan dan perikanan.

Perguruan tinggi sendiri, IPB dalam hal ini, merupakan salah satu institusi yang mendorong tumbuhnya industri manufaktur melalui hilirisasi hasil riset produk kelautan dan perikanan yang memenuhi kebutuhan pasar. 

IPB telah melakukan banyak upaya untuk peningkatan riset implementatif. Salah satunya melalui badan-badan kewirausahaan dan pengembangan bisnis di bawah naungan IPB, yang mempertemukan antara hasil riset dengan pasar melalui kerjasama dengan pelaku usaha dengan dukungan Kementerian dan Lembaga.

Ini adalah langkah baik yang perlu ditiru oleh perguruan tinggi lainnya dalam meningkatkan hasil riset yang memanfaatkan bahan baku lokal sehingga mengurangi ketergantungan terhadap bahan baku impor, serta mendorong peluang tumbuhnya industri-industri baru yang memperkuat pertumbuhan ekonomi khususnya sektor kelautan dan perikanan.

Kemenko Maritim sendiri mendorong seluruh pihak untuk berkontribusi mendorong hilirisasi produk inovasi kelautan dan perikanan dengan memperkuat sinergitas kemitraan antara pihak kampus, swasta dan pemerintah. 

Sebagai tindak lanjut, Kemenko Maritim melalui Deputi Bidang Koordinasi SDA dan Jasa juga berencana melaksanakan Workshop Sinergitas Pengembangan Produk Inovasi Kelautan dan Perikanan serta Perannya dalam Pemberdayaan Masyarakat di Jakarta pada 18 September 2018 yang mengundang peserta K/L, pemda, pelaku usaha dan innovator produk se Indonesia. 

Dalam rangka memperkuat koordinasi dan sinergitas antara seluruh innovator dan pihak terkait, akan diinisiasi juga pembentukan forum komunikasi innovator produk kelautan dan perikanan se Indonesia. [RN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: