Total Luas Hutan Savana Gunung Sindoro-Sumbing yang Terbakar Capai 484 Ha

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
12 Sep 2018   09:30

Komentar
Total Luas Hutan Savana Gunung Sindoro-Sumbing yang Terbakar Capai 484 Ha

Karhutla (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kawasan hutan savana Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang hangus terbakar sejak Jumat (7/9) ini mengakibatkan ratusan hektare kawasan gunung hangus dilalap api.

Gunung Sindoro-Sumbing berlokasi di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah ini di bawah pengelolaan Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Kedu Utara, milik Perum Perhutani.

Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Edi Muryanto, mengungkapkan, total luas lahan di Gunung Sindoro yang terbakar mencapai 245,1 hektare hingga Selasa (11/9).

Baca Lainnya: Gunung Lawu Membara Lagi, 200 Pendaki Langsung Dievakuasi

Sedangkan luas lahan terbakar di Gunung Sumbing sejak, Senin (10/9) menghanguskan lahan seluas 239 hektare.

Menurut analisis sementara BPBG Temanggung, meluasnya kebakaran di dua gunung tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor, salah satunya karena keringnya vegetasi padang ilalang serta kencangnya hembusan angin kobaran api akan mudah merambah ke mana-mana.

“Sampai saat ini kita belum mengetahui pemicu kebakaran hutan ini, tapi kita memprediksi kebakaran ini bisa terjadi karena alam atau ulah manusia,” ucapnya di Temanggung, Rabu (12/9).

Baca Lainnya: Seminggu Membara Kini Api di Gunung Lawu Akhirnya Padam

Guna mengantisipasi adanya kemungkinan kebakaran semakin meluas, petugas gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, relawan, Perhutani, dan BPBD masih berupaya melakukan pemadaman. Pemadaman yang dilakukan masih secara manual, dengan cara membuat sekat di sekitar kobaran api.

"Selain melakukan upaya pemadaman, petugas di lapangan juga meminta para pendaki yang masih di puncak gunung untuk turun serta melarang pendaki yang akan naik gunung karena sangat berbahaya," ugkapnya. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Mentan Amran: Mau Kaya, Jadi Petani!

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: