22 Titik Panas Terpantau di Sumatra

TrubusNews
Diah Fauziah | Followers 0
10 Sep 2018   22:00

Komentar
22 Titik Panas Terpantau di Sumatra

Ilustrasi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- 22 titik panas terpantau di tiga provinsi di Sumatra, menurut Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang.

"Pagi ini, satelit tidak temukan titik panas di Aceh, melainkan di provinsi," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang, Zakaria Ahmad, Senin (10/9).

Tiga provinsi itu ialah Sumatra Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung. Dari 22 titik panas, ada 11 titik dinyatakan sebagai titik api karena memiliki angka tingkat kepercayaan di atas 81 persen dengan wilayah penyebaran di tiga provinsi, paling banyak di Lampung. Empat di antaranya patut diduga sebagai titik api karena memiliki tingkat kepercayaan melebihi 71 persen. Sisanya, tujuh titik api punya tingkat kepercayaan rendah.

Baca Lainnya : Pengawasan Karhutla di Restorasi Gambut Harus Diperketat

"Walaupun tidak terpantau titik panas di Aceh, bukan berarti wilayah ini aman karena paling rawan kebakaran," tegas Zakaria.

Dua bulan terakhir, Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mencatat 347,12 hektare hutan dan lahan, terutama gambut kering, terbakar di Aceh.

"Selama Juni dan Juli 2018, ada 347,12 hektare kebakaran hutan dan lahan di delapan kabupaten," kata Teuku Ahmad Dadek, Kepala Pelaksana BPBA. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: