Dana Desa Bisa Dialokasikan untuk Pemberdayaan Lahan Gambut, Asal...

TrubusNews
Binsar Marulitua
10 Sep 2018   14:15 WIB

Komentar
Dana Desa Bisa Dialokasikan untuk Pemberdayaan Lahan Gambut, Asal...

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro mengatakan, anggaran dana desa sangat memungkinkan untuk dimanfaatkan dalam memperbaiki kualitas lahan gambut.

"Pemanfaatan dana desa saya pikir bisa untuk lingkungan," kata Bambang saat menutup Kick off Meeting dan ekspos Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) atau program dana perwalian perubahan iklim di Pontianak, Jumat (7/9) lalu.

Baca Lainnya : Pengawasan Karhutla di Restorasi Gambut Harus Diperketat

Dia mengatakan, awalnya dana desa memang lebih banyak digunakan untuk infrastruktur desa.

"Tapi infrastruktur desa itu juga bisa misalnya bagaimana membuat sumut bor, sekat kanal. Tinggal kepada aparat desa saja memahami jenis infrastruktur apa yang paling dibutuhkan," katanya.

Selain infrastruktur dasar seperti air bersih dan jalan desa, tentunya untuk lahan gambut harus memperhatikan infrastruktur yang dibutuhkan seperti sumur bor dan sekat kanal tersebut.

Baca Lainnya : Karhutla di Kalsel, Ekosistem Gambut Terbanyak Penyumbang Api

Wilayah di Kalimantan hampir sebagian besar lahan gambut yang juga dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka lewat pertanian. Tidak jarang pula pembukaan lahan gambut dilakukan dengan cara membakar sehingga sering terjadi kebakaran hutan dan lahan yang berdampak kepada peningkatan emisi dan polusi udara karena kabut asap.

Pemerintah terus berupaya mengurangi kebakaran lahan gambut salah satunya melalui program perlindungan dan pengelolaan gambut berbasis masyarakat di Kalimantan Barat yang diinisiasi ICCTF bekerja sama dengan Universitas Tanjungpura dan menggandeng 11 desa di daerah tersebut. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: