Ini Kendala Petugas Saat Padamkan Api di Gunung Sindoro

TrubusNews
Ihsan Maulana
09 Sep 2018   18:00 WIB

Komentar
Ini Kendala Petugas Saat Padamkan Api di Gunung Sindoro

Ilustrasi. (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Hingga Minggu (9/9), upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang tejadi di kawasan hutan Gunung Sindoro di Kabupaten Wonosobo, Temanggung, Jawa Tengah, masih berlangsung. Petugas gabungan berupaya menjinakkan api yang diketahui terjadi pada Jumat (7/9) lalu.

“Di musim kemarau seperti sekarang, semak belukar kering dan mudah terbakar,” ujar Kapusdatin Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, ketika dihubungi awak media, Minggu (9/9).

Jumat (7/9) malam, api terlihat di pos 2 Gunung Sindoro wilayah Kabupaten Wonosobo. Menjalar ke area timur hingga mencapai wilayah hutan di Kabupaten Temanggung pada Sabtu (8/9) pukul 11 pagi.

Baca Lainnya : Hutan dan Lahan di Gunung Sindoro Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup

Kebakaran membuat jalur pendakian Gunung Sindoro ditutup sementara.

“Penutupan jalur pendakian terhitung dari Sabtu hingga batas waktu yang belum ditentukan,” lanjut Sutopo.

Sutopo mengatakan jika petugas dari BPBD Kabupaten Temanggung, Perhutani, relawan dan warga sekitar terus berupaya memadamkan api. Ketika ditanya kendala petugas saat memadamkan api, Sutopo menjawab persediaan air di lapangan dan peralatan yang dibutuhkan. Apalagi, titik api berada di lereng gunung yang terjal, sulit dicapai.

“Angin bertiup kencang, membuat api cepat merambat. Kepada para pendaki mohon ikuti perintah penutupan jalur pendakian,” tutupnya. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Indonesia Jadi Contoh Negara Lain Manfaatkan Biodiesel

Peristiwa   09 Des 2019 - 17:39 WIB
Bagikan:          
Bagikan: