Penyakit Hepatitis A Serang 242 Orang di Singkawang, Kalbar

TrubusNews
Ihsan Maulana
07 Sep 2018   20:00 WIB

Komentar
Penyakit Hepatitis A Serang 242 Orang di Singkawang, Kalbar

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta masyarakat supaya tidak perlu panik pada kasus penyakit Hepatitis A yang merebak di Kabupaten Singkawang Kalimantan Barat baru-baru ini. Hal itu dikarenakan penyakit tersebut bukan penyakit berbahaya.

"Sebenarnya tidak perlu khawatir, karena pasien sebetulnya bisa sembuh sendiri," ujar Kepala Sub Direktorat Hepatitis dan Penyakit Infeksi Saluran Pencernaan, Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan dr Ongky ketika dihubungi awak media, Jumat (7/9).

Ia menjelaskan, penyakit Hepatitis A bisa diobati dengan istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan minuman yang sehat dan bergizi, hingga menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Baca Lainnya : Cegah Virus Hepatitis A Mewabah, SMPN 4 Singkawang Terpaksa Liburkan Siswa

"Konsumsi vitamin ditingkatkan, istirahat biasanya seminggu sampai dua minggu. Harusnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan, tapi kita memang harus mencari sumber penularannya agar ini tidak meluas lagi," lanjutnya.

Sementara, Kemenkes sampai saat ini mencatat terdapat 242 suspek Hepatitis A, dengan 10 kasus yang positif dan tersebar di lima kecamatan di Kabupaten Singkawang.

Ongky menyebut, dugaan sementara sumber penularan virus Hepatitis A itu berasal dari air minum isi ulang yang dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu.

Baca Lainnya : Selamatkan Generasi Muda dari Hepatitis Ini yang Dilakukan Kemenkes

"Yang jelas kita masih cari informasi yang benar sumber penularannya, kita masih mengumpulkan bukti, masih kompilasi data yang lebih akurat. Sehingga nanti bisa memberikan rekomendasi ke teman-teman daerah untuk penanggulangannya," jelasnya.

Kementerian Kesehatan juga mengimbau masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan, dengan mencuci tangan menggunakan sabun, mengonsumsi makanan dan minuman yang benar-benar steril dan matang, menjaga kebersihan alat makan dan minum, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, hindari rokok, serta melakukan aktivitas fisik.

Dalam merespon hal ini, Kemenkes juga telah menurunkan tim investigasi khusus, untuk mengendalikan kasus Hepatitis A di Singkawang, berikut mengirimkan bantuan berupa selebaran informasi dan obat antiseptik untuk menjernihkan air. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: