Kemendes Dorong Produk Pangan Lokal NTT Agar Bisa Bersaing di Mancanegara

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
06 Sep 2018   20:15

Komentar
Kemendes Dorong Produk Pangan Lokal NTT Agar Bisa Bersaing di Mancanegara

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Dalam peringatan Hari Pangan Sedunia, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), mendorong produk pangan lokal Nusa Tenggara Timur agar bisa bersaing di kancah global.

Direktur Pengembangan Daerah Rawan Pangan, Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu, Kemendes PDTT, Putut Edi Sasono menyebutkan, provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki sembilan kabupaten yang di prioritaskan untuk menjadi wilayah tangguh pangan. 

Baca Lainnya : Kemendes PDTT Akan Bantu Pasarkan, Sayuran Hidroponik Kaum Difabel Sleman

Sementara, kesembilan kabupaten berdasar Peta Ketahanan Pangan yang dikeluarkan Kementerian Pertanian bersama dengan WFP, terdiri atas Sumba Barat, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Alor, Manggarai Barat, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Manggarai Timur, dan Sabu Raijua.

Khusus pada tahun anggaran 2018, Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu telah mengalokasikan beragam bantuan. Mulai dari sarana dan prasarana, produksi dan pasca pangan, gudang pangan lokal dan lantai kemur, alat pengelolaan pasca panen, hingga pengembangan potensi sumber daya pertanian dan perkebunan, dengan nilai Rp3,7 miliar.

Baca Lainnya : Kemendes PDTT Berikan Pelatihan Hidroponik ke Puluhan Warga Yogyakarta

“Tahun depan, kami sudah alokasikan sarana dan prasarana produksi pasca panen, gudang pangan lokal, pembangunan embung, serta pengolahan pasca panen untuk beberapa kabupaten di provinsi NTT”, imbuhnya.

Ia berharap, ke depannya masyarakat bisa lebih variatif dalam mengolah produk pangan lokal, kemudian mereka bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan nilai taraf ekonomi secara mandiri. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: