Pencemaran Sungai Cileungsi Terus Berulang Setiap Tahunnya, Kenapa?

TrubusNews
Ihsan Maulana
05 Sep 2018   19:45 WIB

Komentar
Pencemaran Sungai Cileungsi Terus Berulang Setiap Tahunnya, Kenapa?

Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas temukan saluran siluman pembuang limbah. (Foto : Doc/ KP2C)

Trubus.id -- Kondisi Sungai Cileungsi kini semakin parah. Banyaknya limbah di sungai itu kini sudah mulai meresahkan warga. Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C), Puarman menerangkan, pencemaran di Sungai Cileungsi sebenarnya bukan baru sekali terjadi saja. Namun jauh beberapa tahun terakhir, peristiwa ini terus terjadi dan seakan jadi siklus baru di sungai Cileungsi.

"Kalau debit air sedang tinggi, ini limbah enggak keliatan karena bercampur. Nah karena bulan-bulan ini musim kemarau jadi debit air sedikit, barulah ketauan jika ada pipa di dasar sungai dan limbahnya sangat terlihat," paparnya.

Baca Lainnya : Misteri Saluran Siluman yang Bikin Kali Bekasi Tercemar Limbah

Ia menjelaskan, air limbah tersebut biasanya dialirkan ke sungai pada jam tertentu ketika masyarakat tengah terlelap tidur di tengah malam sampai menjelang subuh. Sehingga proses pembuangannya tidak terlalu terpantau masyarakat.

Baca Lainnya : Sungai Bendung Kali Bekasi Terpapar Limbah, DLH Tunggu Kajian Labolatorium 

"Biasanya mulai keruh mulai dari jam 01.00 malam sampai jam 05.00 subuh. Itu warnanya hitam pekat, kandang cenderung mengental dan bau busuk bercampuk bau kimia," sebutnya.

"Bahkan kami punya data, ada 40 warga di Vila Nusa Indah 5, kawasan curug parigi itu sudah mengalami gejala mual, pusing dan muntah. Karena perumahan mereka kebetulan bersebelahan persis dengan sungainya," sambungnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

BPOM Lepas Ekspor Temulawak ke Kamboja

Peristiwa   16 Des 2019 - 10:56 WIB
Bagikan:          

Kenapa Ular Kobra Muncul di Musim Penghujan?

Peristiwa   16 Des 2019 - 11:24 WIB
Bagikan:          
Bagikan: