Hingga Oktober, Kemarau Diprediksi Masih Melanda Kawasan Jawa Barat

TrubusNews
Ihsan Maulana
05 Sep 2018   18:15 WIB

Komentar
Hingga Oktober, Kemarau Diprediksi Masih Melanda Kawasan Jawa Barat

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas 1 Bandung memperkirakan, musim kemarau yang terjadi di wilayah Jawa Barat masih akan terjadi hingga bulan Oktober nanti.

"Saat ini Bandung dan Jabar masih masuk musim kemarau. Diprediksi, kemarau ini sampai Oktober," ungkap Kepala BMKG Bandung, Toni Agus Wijaya, kepada wartawan, Rabu (5/9).

Dirinya menjelaskan, meski wilayah Bandung dan sekitarnya sudah mulai diguyur hujan, tetapi hal ini bukan mengindikasikan musim kemarau berakhir. Sebab pada musim kemarau, hujan tetap akan terjadi meski secara singkat.

Baca Lainnya : Kemarau, 20 Kecamatan di Jogja Rawan Kekeringan Ekstrem

Sementara, hujan pada minggu ini lebih disebabkan oleh belokan angin dari Thypoon JEBI di Samudera Pasifik Timur laut Filipina, dan sirkulasi siklonik di sebelah Barat Sumatera hingga Barat Kalimantan.

Baca Lainnya : Kemarau Meluas, BMKG Deteksi 1.056 Sebaran Titik Panas 

"Hal itu mengakibatkan, terjadi pengumpulan awan hujan," sambungnya.

BMKG mengimbau masyarakat, untuk meningkatkan kewaspadaan saat memasuki masa peralihan (pancaroba) dari musim kemarau ke musim hujan. Peristiwa ini ditandai hujan lebat, yang bisa menyebabkan longsor.

Sebelumnya, Pusdalops BPBD Jabar mencatat, sedikitnya terdapat 22 kabupaten/kota di Jabar yang terdampak kekeringan dan kekurangan pasokan air bersih di musim kemarau 2018 ini. Akibatnya 41.946 hektar lahan mengalami kekeringan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: