Distan DIY Dorong Peternak Sapi 'Sulap' Lahan Nonproduktif Jadi HPT

TrubusNews
Ihsan Maulana
05 Sep 2018   15:45 WIB

Komentar
Distan DIY Dorong Peternak Sapi 'Sulap' Lahan Nonproduktif Jadi HPT

Ilustrasi (Foto : Pixabay/blende22)

Trubus.id -- Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terus mendorong para peternak sapi di daerah tersebut agar mengubah lahan nonproduktif (marjinal) menjadi lahan Hijauan Pakan Ternak (HPT). Dengan begitu, mereka bisa memenuhi kebutuhan pakan ternak mereka di tengah musim kemarau seperti saat ini.

"Jadi kami dorong agar lahan-lahan yang kering dan tidak produktif agar dimanfaatkan untuk menanam hijauan pakan di musim kemarau seperti sekarang ini," ujar Kabid Peternakan, Dinas Pertanian DIY, Sutarno, Rabu (5/9).

Baca Lainnya : Peternak Sapi Perah Resah, di Permentan 30/2018 Tak Ada Kewajiban IPS Serap SSDN

Ia menambahkan, penerapan cara ini menjadi sangat penting untuk mengatasi kelangkaan persediaan, akibat berkurangnya lahan produktif sumber pakan ternak di musim kemarau.

"Kalau ini sudah diterapkan dengan baik, maka persediaan pakan ternak selama musim kemarau tidak akan ada masalah jika lahan marjinal sudah di gunakan," tambahnya.

Ia juga memberberkan, jika lahan produktif di DIY yang digunakan untuk HPT saat ini berkisar di angka 1.000 hingga 5.000 hektare. Sebanyak 95 % diantaranya dikelola oleh masyarakat.

Baca Lainnya : Kementan Kirim 52 Ton Pakan Sapi ke Lombok

"Padahal, untuk mencukupi kebutuhan seluruh populasi sapi di DIY diperkirakan harus mencapai 100 ribu - 200 ribu hektare," sambungnya.

Pihaknya mencatat, populasi sapi di DIY berjumlah 310.000 ekor, yang terdiri dari 60% sapi simental, limosin, dan campuran keduanya. Dan 40% sisanya sapi putih. Untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak, pihaknya sejak tahun 2017 telah memberikan bantuan berupa 3.350.000 stek rumput, yang dibagikan kepada seluruh peternak di lima kabupaten/kota.

"Kami harap, nantinya tiap kelompok peternak bisa mencukupi kebutuhan pakan ternaknya secara memadai," tutupnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: