Topan Jebi Tewaskan Sembilan Warga Jepang, Konektivitas Wilayah Lumpuh

TrubusNews
Binsar Marulitua
05 Sep 2018   15:15 WIB

Komentar
Topan Jebi Tewaskan Sembilan Warga Jepang, Konektivitas Wilayah Lumpuh

Topan Jebi menghantam Jepang sejak Selasa (4/9) kemarin dan memporak porandakan wilayah itu. (Foto : Doc/ NPR)

Trubus.id -- Jumlah korban tewas akibat Topan Jebi di Jepang hingga Rabu (5/9) pagi terus bertambah. Saat ini diketahui korban sudah mencapai sembilan orang. Sementara itu, lebih dari 200 orang lainnya mengalami luka akibat badai yang menyebabkan tiupan angin dengan kecepatan 216 kilometer per jam dan hujan deras ini.

Dari kecepatan anginnya, ini merupakan badai terparah di Jepang sejak 25 tahun terakhir. Ribuan orang terlantar di bandara karena pembatalan penerbangan. Akses menuju dan keluar bandara Kansai bahkan terputus karena jembatan penghubung dengan pulau utama rusak dihantam kapal tanker yang terempas angin dari Teluk Osaka.

Baca Lainnya : Jepang Dilanda Bencana Angin Topan Terburuk Sepanjang 25 Tahun Terakhir

Kementerian perhubungan setempat menyatakan bahwa sejumlah pesawat terendam air yang ketinggiannya mencapai mesin pesawat. Operasi bandara tersebut dihentikan pada Selasa (4/9) siang.

Selain itu,sebuah kapal tanker dilaporkan terhempas angin kencang hingga menabrak jembatan yang menghubungkan bandara dengan kota Izumisano di Osaka. Sebelas anggota awak kapal berada di kapal tersebut namun tidak ada yang luka dan telah diselamatkan.

Baca Lainnya : Ngeri, Topan Dahsyat Jebi Sedang Bergerak ke Jepang Siang Ini

Awak kapal tidak bisa menyalakan mesin kapal tanker tersebut sementara otoritas setempat sedang menunggu cuaca membaik untuk menarik kapal tersebut ke lokasi yang aman. Tabrakan tersebut memutus akses jalan dan kereta ke bandara.

Akses listrik ke sebagian bangunan di terminal bandara juga terputus sedangkan sinyal telepon juga buruk. Para calon penumpang dilaporkan mengantri di suatu toko untuk membeli makanan. Belum bisa dipastikan kapan bandara tersebut kembali beroperasi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ini 5 Daerah di Jawa Barat dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Peristiwa   11 Agu 2020 - 09:18 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: