'Pasukan Katak' Incar Pabrik Nakal yang Buang Limbah Langsung ke Kali Bekasi

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
04 Sep 2018   21:45

Komentar
'Pasukan Katak' Incar Pabrik Nakal yang Buang Limbah Langsung ke Kali Bekasi

Kali Bekasi terpapar limbah. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sejak Senin (3/9) pagi, Kali Bekasi yang melintas di Jalan M hasibuan, Bekasi Timur, Kota Bekasi tertutup buih dan mengeluarkan bau tak sedap yang diduga berasal dari limbah pabrik yang ada di sepanjang alirannya. Sejak laporan itu diterima, pihak-pihak terkait langsung bergerak melakukan pemeriksaan ke lokasi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi mengatakan, untuk menangani masalah ini, pihaknya menurunkan sebanyak 30 petugas ke lapangan. Mereka bertanggung jawab untuk memantau perusahaan-perusahaan yang diduga membuang limbah ke kali yang ada di Bekasi.

"Kami sebut pasukan katak, memang pasukan itu ada di pinggir sungai, upaya yang kami lakukan yakni memonitor di wilayah administrasi Kota Bekasi terutama perusahaan-perusahaan kita cek pembuangannya seluruh perusahaan, bahkan saya menyiapkan tim untuk memantau dipinggir kali," kata Luthfi, Selasa (4/9).

Baca Lainnya : Misteri Saluran Siluman yang Bikin Kali Bekasi Tercemar Limbah

Luthfi menambahkan, jika petugas menemukan ada perusahaan yang membuang limbah sembarangan ke kali, pihaknya akan langsung melakukan penyegelan terhadap perusahaan tersebut.

"Ketika ada perusahaan yang coba-coba main buang limbah, kita tidak segan-segan untuk menyegel perusahaan itu. Terbukti sudah empat perusahaan yang kami segel," ujarnya lagi. 

Ia menerangkan, pabrik-pabrik di Kota Bekasi sebenarnya diperbolehkan membuang limbahnya ke Kali Bekasi. Namun syaratnya, limbah tersebut harus sudah diolah oleh perusahaan tersebut. 

"Perusahan memiliki IPAL, harus diduga ada masalah dengan IPAL mereka. Perilaku buruk mungkin saja, ada IPAL-nya tapi tidak mereka gunakan, mereka langsung buang, tidak diolah, bisa saja seperti itu," ujar dia.

Ia memaparkan, Ada beberapa alasan mengapa masih ada perusahaan yang membuang limbah ke kali Bekasi tanpa diolah lebih dulu. Yang pertama, IPAL perusahaan yang bermasalah.

Baca Lainnya : Sungai Bendung Kali Bekasi Terpapar Limbah, DLH Tunggu Kajian Labolatorium 

"Perusahaan memiliki IPAL, harus diduga ada masalah dengan IPAL mereka (perusahaan), perilaku buruk mungkin saja, ada IPALnya tapi tidak mereka gunakan, mereka langsung buang tidak diolah bisa saja seperti itu," katanya.

Kedua, pencemaran limbah di Kali Bekasi yang menyebabkan munculnya busa dan bau tidak sedap terjadi lantaran perusahaan membuang limbah tanpa mengolah limbah terlebih dahulu. Hal itu terjadi lantaran masih banyak perusahaan yang merasa pengolahan limbah itu mahal dan membutuhkan biaya lebih.

"Bisa saja memanfaatkan curah hujan yang tinggi dia (perusahaan) gelontorkan limbah dengan cara bypass, ketika dia bypass, dianggapnya bercampur dengan air dan tidak terlihat. Perilaku untuk melakukan dorongan itu ada karena pengolahan limbah itu mahal," jelas dia. [RN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: