BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Hujan Lebat Tiga Hari Kedepan

TrubusNews
Ihsan Maulana
04 Sep 2018   19:45 WIB

Komentar
BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Hujan Lebat Tiga Hari Kedepan

Ilustrasi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar mewaspadai adanya potensi hujan lebat, yang disertai kilat dan angin kencang dalam tiga hari ke depan. Hal ini diprediksi terjadi meski pun saat ini masih masuk musim kemarau.

"Terutama di wilayah Aceh, Sumatra Barat, Bengkulu, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Selasa (4/9).

Baca Lainnya : Waspada, Masuk Musim Penghujan, Pasokan Pangan Rawan Bergejolak

Dwikorita menambahkan, fenomena Osilasi Madden Julian atau (Madden Julian Oscillation/MJO), dan fenomena gelombang atmosfer lainnya (Rossby dan Kelvin Wave) dapat signifikan terjadi di wilayah Indonesia, sebagai bagian faktor penyebab hujan di daerah.

Baca Lainnya : Musim Pancaroba, Hujan Hebat Disertai Petir Bisa Meningkat

Selain itu, ia menjelaskan pelemahan pusat tekanan tinggi di wilayah Australia yang mengakibatkan dorongan massa udara kering dan dingin dari Australia, makin melemah akibatnya massa udara di wilayah Indonesia.

"Kondisi ini yang menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan semakin meningkat. Dalam sepekan terakhir tercatat kejadian hujan lebat di wilayah Riau, Bengkulu, Kepri, Jabodetabek, Kalteng, Kalbar, Kalsel, Kaltara, Maluku, dan Papua," imbuhnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: