Cengkeh Gunung Merapi Terancam Punah, Pemerintah Hampir Tak Berdaya

TrubusNews
Ihsan Maulana
04 Sep 2018   15:15 WIB

Komentar
Cengkeh Gunung Merapi Terancam Punah, Pemerintah Hampir Tak Berdaya

Ilustrasi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merasa kesulitan untuk kembali memulihkan kejayaan komoditas cengkeh di kawasan lereng Gunung Merapi yang saat ini sudah terancam punah.

"Sekarang, lahan cengkeh di Sleman hampir tidak ada. Awalnya sih karena ada penebangan besar-besaran waktu jaman presiden Soeharto yang terus lanjut sampai sekarang," ujar Kepala Bidang Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Edy Sri Hartanto.

Baca Lainnya : Pemerintah Bagikan 30 Juta Bibit Cengkeh Secara Gratis

Akibatnya, jumlah petani cengkeh pun seakan ikut tenggelam. Para petani cengkeh kini lebih memilih tanaman pertanian yang lebih cepat panen, seperti kopi hingga pohon sengon.

Sementara itu, salah satu warga lereng Merapi dari Desa Glagaharjo, Suminten mengaku tanaman cengkeh di lereng Merapi sudah hampir punah, salah satunya akibat erupsi besar tahun 2010 silam.

Baca Lainnya : Jika Tidak Ditangani Dengan Benar, Limbah Pengolahan Minyak Cengkeh Dapat Menimbulkan Kerugian

"Benar, saya sebelum tahun 2010 punya beberapa pohon cengkeh. Tapi sekarang tinggal sisa tiga saja," paparnya.

Ia pun mengingat, ketika sebelum erupsi tahun 2010 dirinya sampai harus menyewa lahan kas desa untuk menanam.

"Nah sekarang lahannya sudah dipakai untuk membangun hunian tetap korban Merapi. Sekarang saya pilih tanam palawija, durian dan lainnya karena lahannya sempit dan proses panen cengkeh lama meski sekarang harganya naik lagi," tutupnya. [RN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: