Waspada, Masuk Musim Penghujan, Pasokan Pangan Rawan Bergejolak

TrubusNews
Ihsan Maulana
03 Sep 2018   15:15 WIB

Komentar
Waspada, Masuk Musim Penghujan, Pasokan Pangan Rawan Bergejolak

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Memasuki masa peralihan (pancaroba) dari musim kemarau ke musim hujan, sektor pertanian yaitu pangan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Langkah ini harus diambil sehingga dampak perubahan musim ini tidak menggangu aktivitas ekonomi masyarakat.

"Masalah cuaca tetap perlu diantisipasi dengan melihat siklus cuaca. Di setiap situasi dan kondisi selalu ada peluang pasokan dan distribusi pangan masyarakat terganggu," ungkap Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Prijono, Senin (3/9).

Baca Lainnya : Jelang Hari Pangan Nasional, Kementan Tingkatkan Pemanfaatan Lahan Rawa

Ketika ditanya mengenai musim kemarau yang mengakibatkan kabut asap, ia mengaku pihaknya akan melihat lebih dulu adanya pengaruh terhadap distribusi barang atau pangan masyakarat.

Baca Lainnya : Krisis Pangan Akibat Gagal Panen,  Mensos Akan Tinjau Maluku

Sementara itu, ia meminta pihak terkait mulai waspada mengingat sebagian wilayah Kalbar yang sudah memasuki musim hujan. Terutama pada sektor pertanian, karena perlu diperhatikan dapat berdampak pada pasokan pangan dan distribusi, jika terjadi banjir.

"Semoga dengan antisipasi dan persiapan yang baik dari seluruh pihak, maka aktivitas perekonomian akan baik. Kami dari Tim Pengendali Inflasi daerah berkomitmen terus memantau dan menjaga pasokan dan distribusi pangan masyarakat agar tidak bergejolak," imbuhnya. [RN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: