Musim Pancaroba, Hujan Hebat Disertai Petir Bisa Meningkat

TrubusNews
Ihsan Maulana
03 Sep 2018   10:29 WIB

Komentar
Musim Pancaroba, Hujan Hebat Disertai Petir  Bisa Meningkat

hujan, ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  menyatakan, potensi hujan lebat akan meningkat dalam beberapa waktu kedepan, selama masa peralihan musim (pancaroba).

Humas BMKG, Hary Tirto Djatmiko menyebutkan, secara umum saat ini wilayah Indonesia mulai memasuki pancaroba dari bulan September hingga November nanti.

"Jika dilihat dan ditinjau secara klimatologi, September memang merupakan salah satu bulan transisi/pancaroba," ujarnya dalam pesan singkat kepada wartawan, Senin (3/9).

Ia menambahkan, secara bertahap sudah ada potensi hujan meski belum merata. Pihaknya memprediksi, untuk itu ada potensi hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang berdurasi singkat.

"Hujan biasanya akan terjadi pada siang dan atau menjelang malam hari. Secara umum untuk wilayah Indonesia di sekitar dan sebelah selatan garis khatulistiwa," imbuhnya.

Sementara untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, pada Senin (3/9), BMKG memprediksi cuaca cenderung cerah berawan. Lalu, hujan ringan akan turun pada malam hari di wilayah Jakarta Selatan dan Kepulauan Seribu.

"Untuk wilayah Jawa Barat, berpeluang hujan ringan di Pangandaran dan Bekasi Utara pada pagi hari. Hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Bogor, Depok, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Tasikmalaya, Subang, Garut diprediksi terjadi pada sore hingga malam hari," tutupnya. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Warga Mekarsari Antusias Dalam Memanfaatkan Wastafel Portabel

Peristiwa   01 April 2020 - 21:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: