Pegiat Lingkungan Lakukan Geber Sangu di 10 Gunung di Jawa Barat

TrubusNews
Thomas Aquinus
03 Sep 2018   07:00 WIB

Komentar
Pegiat Lingkungan Lakukan Geber Sangu di 10 Gunung di Jawa Barat

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sejumlah pegiat lingkungan dan relawan dari berbagai daerah di Jawa Barat melakukan Gerakan Bersih Sampah (Geber Sangu) secara serentak di 10 gunung di wilayah Bandung, sejak Sabtu (1/9) hingga Minggu (2/9). Kegiatan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kepedulian kepada gunung-gunung bebas dari sampah dan lestari.

"Kegiatan ini dilaksanakan serentak dan puncaknya nanti di Gunung Puntang, Kabupaten Bandung," kata Wawan Predian, pegiat lingkungan saat bersih-bersih di Gunung Puteri Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Salah satu gunung yang menjadi agenda Geber Sangu adalah Gunung Puteri. Wawan sengaja memilih Gunung Puteri sebab menjadi salah satu gunung yang sering dikunjungi pecinta alam. Termasuk terdapat destinasi wisata Geger Bintang yang dijadikan tempat kegiatan berkemah.

Baca Lainnya : Padang Savana Gunung Bromo Terbakar

Menurutnya, pengelolaan yang dilakukan oleh Perum Perhutani KPH Bandung Utara selama ini dinilai pengelolaan sampahnya belum tertata dengan baik. Saat melakukan Geber Sangu pihaknya melakukan bersih-bersih di tiga titik. "Titik pertama, sampah terkumpul lima karung sampah, titik kedua dua karungan sampah. Titik ketiga terkumpul sembilan karung sampah," katanya.

Wawan mengatakan, hasil sampah yang terkumpul akan dipilah antara yang organik dan non organik. Kemudian sampah-sampah tersebut akan dikirimkan ke pengepul ataupun tempat penampungan akhir sampah.

Baca Lainnya : BMKG: Gunung Anak Krakatau Meletus 56 Kali

Menurutnya, para pecinta alam kerap kali masih membuang sampah di gunung. "Kami menemukan sampah berserakan ditimbun dengan tanah. Bahkan air kencing dalam botol," katanya.

Wawan juga menghimbau, dalam mengurangi sampah di Gunung pengelola sebaiknya menyimpan sementara KTP di pos masuk. Kemudian KTP bisa diambil saat mereka turun gunung dan ditukar dengan sampah yang dibawa dari atas gunung. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ini 5 Daerah di Jawa Barat dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Peristiwa   11 Agu 2020 - 09:18 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: