Hujan Deras, Closing Ceremony Tetap Berlangsung Hangat dan Berkesan

TrubusNews
Thomas Aquinus
02 Sep 2018   20:45 WIB

Komentar
Hujan Deras, Closing Ceremony Tetap Berlangsung Hangat dan Berkesan

Penutupan Asian Games (Foto : Istimewa)

Upacara Penutupan Asian Games 2018 yang berlangsung Minggu (2/9) di Stadion Utama Geora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, tetap berlangsung meriah meski diiringi guyuran hujan deras.

Diawali dengan kumandang lagu kebangsaan Indonesia Raya sebagai pembuka acara, sukses membuat penonton satu stadion GBK bergemuruh dalam suasana khidmat. Sementara itu, hujan yang turun pun tidak menghalangi semangat para atlet dari berbagai negara yang menjadi satu menggunakan jas hujan, dan menikmati suasana.

Seluruh kontingen peserta yang menjadi satu berhasil menghilangkan kesan persaingan selama ini. Kini yang hadir hanya tinggal suasana hangat dan persahabatan ditengah hujan yang mengguyur kawasan GBK.

Baca Lainnya : Sumbang 31 Medali Emas, Jokowi Ingin Asian Games Diulang Lagi

Namun ada yang sedikit berbeda dengan pembukaan, kali ini para volunteer atau relawan Asian Games 2018 yang setia membantu para pengunjung maupun jurnalis saat mendatangi berbagai venue pertandingan juga dilibatkan.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan rasa terima kasih dan menghargai kerja keras para Announcer Venue yang menyebut kerja keras dan dedikasi mereka disebut merepresentasikan slogan "Energy of Asia".

Parade atlet diakhiri dengan kehadiran tiga maskot Asian Games 2018, Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka. Dilanjutkan dengan Isyana Sarasvati yang menjadi salah satu pengisi acara lalu membuka Upacara Penutupan Asian Games 2018 dengan menyanyikan tembang berjudul "Asia's WHo We Are".

Baca Lainnya : Presiden Jokowi Dipastikan Absen di Penutupan Asian Games 2018

Sementara itu, Presiden Joko Widodo yang tidak menghadiri upacara penutupan Asian Games 2018 juga menyampaikan rasa semangat kebersamaan untuk bangkit ditengah penderitaan warga Lombok.

"Selamat malam hadirin yang berbahagia. Sebelumnya saya ingin minta maaf tak bisa hadir di penutupan Asian Games 2018. Saya bersama dengan pak Gubernur NTB (TGB Zainul Majdi), bersama teman-teman di Lombok. Kami di sini merasakan semangat, semangat kebersamaan untuk bangkit kembali," jelas Jokowi dalam video yang ditampilkan saat upacara penutupan di SUGBK, Minggu (2/9).

Jokowi juga mengatakan bahwa energi Asia yang sebenarnya adalah energi untuk bersatu dan membawa kebersatuan bagi negara-nagara di dunia.

Baca Lainnya : Penutupan Asian Games 2018, Hampir Setengah Penduduk Indonesia Ingin Tonton Langsung

"Selamat dan terima kasih untuk kontingen seluruh negara atas capaian dan prestasi, dan semangatnya. Inilah energi Asia yang sebenarnya yang bersatu membawa kebersatuan bagi dunia,” katanya.

Hingga saat ini, Upacara Penutupan Asian Games 2018 masih bergulir. Para pengisi acara mulai penyanti Indonesia seperti  Afgan, Bunga Citra Lestari, Gigi, RAN, Jflow, hingga boyband Korea Selatan, Super Junior dan iKON juga akan tampil di malam terakhir pesta olahraga bangsa Asia ke-18 tersebut.[NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: