Sumbang 31 Medali Emas, Jokowi Ingin Asian Games Diulang Lagi

TrubusNews
Astri Sofyanti
02 Sep 2018   18:00 WIB

Komentar
Sumbang 31 Medali Emas, Jokowi Ingin Asian Games Diulang Lagi

Jokowi bersama para atlet Indonesia di Asian Games (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggelar silaturahmi dengan para atlet peraih medali pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, di Istana Negara, Jakarta, Minggu (2/9).

Hingga hari terakhir perolehan medali, Indonesia dipastikan berada di urutan keempat dengan perolehan 31 medali emas, 24 perak dan 43 perunggu. Sepanjang perhelatan Asian Games, perolehan medali kali ini merupakan raihan tertinggi yang dicapai Indonesia.

Silaturahmi juga dihadiri oleh Ibu Negara Iriana, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah. Ketua Inasgoc Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Baca Lainnya : Penasaran, Berikut Susunan Acara Penutupan Asian Games Nanti Malam

Jokowi mengaku tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya atas perolehan medali yang begitu mengejutkan ini.

"Enggak tahu, hari ini saya begitu sangat senang sekali," demikian dikatakan Jokowi, dalam awal sambutannya, di Istana Negara, Jakarta, Minggu (2/9).

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, rasanya ia ingin mengulang kembali Asian Games dibuka lagi. Bahkan Jokowi berkelakar, ingin terus Asian Games biar dia kembali beratraksi motor.

"Saya juga ingin terus melihat merah putih dikibarkan dan lagu Indonesia Raya terus dikumandangkan. Yang jelas saya ingin mengatakan bahwa Indonesia bangga atas prestasi saudara-saudara sekalian para atlet," tuturnya.

Baca Lainnya : Artis K-Pop Hingga Orang Terkaya China, Akan Hadiri Penutupan Asian Games 2018

Ia pun meyakinkan bahwa prestasi itu merupakan kebanggaan bagi bangsa dan negara. "Rakyat berterima kasih kepada saudara-saudara sekalian," ucapnya lagi.

Setelah itu, diberikan bonus secara simbolik oleh perwakilan peraih medali emas, perak, dan perunggu. Peraih emas diwakili oleh Eko Yuli Irawan dari cabang olahraga angkat besi, dan Puspa dari cabang pencak silat.

Bonus diberikan Jokowi dan didampingi Wapres Jusuf Kalla (JK), berupa buku tabungan yang sudah berisi nominal besaran bonus yang mereka dapatkan.

"Saya sampaikan kemarin pada menpora, bonus untuk para atlet peraih medali saya ingin berikan secepatnya sebelum acara penutupan dilakukan. Kalau pagi ini atau siang nanti atau sore nanti masih ada tambah, saya berikan langsung juga di sini," tutur Jokowi.

Baca Lainnya : Impian Jonatan Christie Raih Emas Asian Games 2018 Terwujud

Chief the Mission Tim Indonesia, Syafruddin Prawiranegara mengatakan, peserta Asian Games kali ini telah mengikuti 435 nomor pertandingan. Laga itu untuk mencapai target 16 emas yang diharapkan oleh Jokowi.

"Target prestasi minimal yang ditargetkan 16 emas telah terealisasi pada hari kesembilan. Raihan prestasi tidak berhenti, terus mengalir dan menambah pundi-pundi medali untuk tim Indonesia hingga total 98 medali. 31 medali emas, 24 medali medali perak, 43 medali perunggu," jelas Syafruddin, dalam laporannya.

Ia mengatakan, prestasi tersebut adalah bukan untuk mereka, tapi dipersembahkan untuk bangsa dan negara ini. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Menteri ESDM: Pemotongan Subsidi LPG 3 Kg Masih Kajian

Peristiwa   18 Jan 2020 - 14:11 WIB
Bagikan:          
Bagikan: